Maluku Belum Juga Capai Target Vaksinasi, Ini Biang Keroknya

by
Ilustrasi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sampai dengan Rabu (16/2/2022), capaian Vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Maluku belum juga capai target 70 persen.

Biang keroknya adalah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tengah.

Karena sejauh ini, capaian vaksinasi di dua kabupaten ini masih terbilang paling rendah dari empat kabupaten yang belum mencapai 70 persen vaksinasi.

SBB bahkan belum 50 persen, baru 48,87 persen sedangkan Malteng baru 51,57 persen. Sedangkan Tual 56,77 persen dan Buru 68,84 persen.

Data cakupan vaksinasi covid-19 di Maluku per Rabu (16/2/2022). Sumber : Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung mengatakan cakupan vaksinasi di Maluku sudah 69,29 persen.

“Maluku baru 69,29 persen. SBB 48 paling rendah. SBB dan Malteng inilah yang membuat Maluku belum tercapai (target 70 persen),”tuturnya saat diwawancarai terasmaluku.com, Rabu (16/2/2022).

Kata Rerung menambahkan, jika empat kabupaten tersisa ini bisa mencapai target 70 persen, maka akan berdampak juga bagi Maluku secara kumulatif. “Kalau empat kabupaten ini sudah 70, secara nasional kita juga sudah bisa 70 persen,”sambungnya.

Penyebab capaian vaksinasi di empat daerah tersisa khususnya SBB dan Malteng masih belum capai target kata Rerung menjelaskan masih berputar masih pada dua hal yaitu kondisi geografis dan kesadaran masyarakat. “Alasan di kabupaten itu medannya, selain tingkat kesadaran masyarakat untuk divaksin,”tuturnya.

Maka dari itu, Satgas berdasarkan hasil evaluasi kembali menginstruksikan dan mendorong agar kabupaten yang belum mencapai target untuk terus bergerak genjot pelaksanaan vaksinasi.

Apalagi TNI/Polri juga siap membantu. “Sudah diinstruksikan, dihimbau dan didorong ke kabupaten, bahkan TNI/Polri siap membantu,”tandasnya. (Ruzady Adjis)