UMKM Showcase, Cara BI Maluku Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi di Maluku

oleh
Foto bersama penerima bantuan pada pembukaan gelaran UMKM Showcase di Tribun Lapangan Merdeka, Ambon, Jumat (25/2/2022). Foto : Humas BI Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dorong percepatan pemulihan ekonomi di Maluku, Kantor Perwakilan Bank Indonesia  (KPw BI) Provinsi Maluku menyelenggarakan kegiatan UMKM Showcase.

Kegiatan yang mengusung tema Recover Together, Recover Stronger” dilangsungkan selama dua hari, dimulai sejak Jumat (25/2/2022) dan dibuka secara resmi oleh Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Bakti Artanta bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, M. Nasir Kilkoda hingga Sabtu (26/2/2022) di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon.

Secara khusus, gelaran UMKM Showcase ini menitikberatkan pada upaya meningkatkan kelas UMKM di Provinsi Maluku melalui serangkaian kegiatan yaitu talkshow dengan berbagai tema terkait pengembangan UMKM di era digital, peningkatan transaksi penjualan, dan pendampingan kewirausahaan.

Sebagaimana tajuk kegiatan ini, terdapat juga showcase (pameran) 10 UMKM binaan KPw BI Provinsi Maluku di lokasi kegiatan.

Kegiatan ini juga menghadirkan sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dalam transaksi seharihari.

UMKM Showcase ini sekaligus juga  jadi rangkaian kegiatan pendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bulan Februari 2022 yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala KPwBI Provinsi Maluku, Bakti Artanta menjelaskan bahwa tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu Recover Together, Recover Stronger diselaraskan dengan tema besar presidensi Indonesia pada G20 tahun ini.

                                                                                     Kepala KPw BI Maluku, Bakti Artanta. Foto : Humas BI Maluku

“KPw BI Provinsi Maluku memandang semua elemen di Maluku perlu terus bersinergi, kolaborasi dan berkoordinasi secara bahu membahu untuk dapat bangkit dari kondisi pandemi dengan kondisi yang lebih kuat dari sebelumnya,”kata Bakti saat membuka UMKM Showcase Jumat.

Untuk itu, KPw BI Provinsi Maluku mendorong seluruh stakeholders di Maluku untuk mendukung kampanye GBBI. “Yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga dalam menggunakan produkproduk lokal,”tandasnya.

BACA JUGA :  Video : Doni Mordano Ketua Satgas Covid-19

Dalam kesempatan ini, KPw BI Provinsi Maluku juga menyalurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada beberapa pihak. PSBI berupa mesin generator set (genset) disalurkan kepada Pondok Pesantren Darussalaam Kamal, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Selanjutnya, disalurkan juga PSBI partisipasi kegiatan vaksinasi massal di daerahdaerah terpencil melalui Yayasan Ina Ama, Kota Ambon.

Terakhir, KPw BI Provinsi Maluku juga menyalurkan PSBI berupa 1.000 buah handsanitizer kepada masyarakat melalui Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku.

Penyaluran PSBI tersebut merupakan bentuk komitmen KPwBI Provinsi Maluku dalam mendukung upaya percepatan pemulihan kondisi ekonomi di Maluku. (Ruzady Adjis)

No More Posts Available.

No more pages to load.