Ditlantas Polda Maluku Sosialisasikan Larangan Angkut Muatan Lebihi Kapasitas bagi Pengemudi Truk Angkutan Barang

oleh
Foto : Humas Polda Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Polda Maluku sosialisasikan larangan Truk Odol (Over Dimensi Over Loading) atau muatan yang melebihi kapasitas bagi pengemudi truk angkutan barang di Ambon, Rabu (2/3/2022).

BACA JUGA : Layani Warga Lebihi Panggilan Tugas, 13 Anggota Polisi Dapat Penghargaan Kapolri dan Kapolda Maluku Ikut SIP

Sosialisasi ini menjadi bagian dari pelaksanaan Operasi Keselamatan Siwalima 2022 di hari kedua dengan menyasar pangkalan truk di ruas JL. Yos Sudarso, Ambon.

Dalam operasi tersebut, tim yang dikerahkan terdiri dari berbagai Satuan Kerja (Satker) Polda Maluku. Diantaranya Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), Bidang Propam, Dokkes, Humas, TIK, dan Direktorat Intelkam. Tim ini terbagi tiga yaitu Satgas Prefentif, Preemtif dan Deteksi.

Kompol Thomy Siahaya mengatakan sosialiasi larangan ini kepada para pengemudi truk angkutan barang oleh polisi lalu lintas dari Ditlantas Polda Maluku karena melihat faktor keselamatan.

“Truk Odol ini atau over kapasitas sangat berbahaya karena kendaraan dapat dengan mudah terguling, hingga merugikan masyarakat lainnya,” kata dia.

Selain itu, tambah Thomy, Truk Odol juga memperlebar titik buta kendaraan dari belakang, serta membatasi ruang gerak pengendara truk tersebut. “Ini juga bisa menimbulkan kecelakaan bagi pengendara lain,” sebutnya.

Selain memberikan himbauan terkait larangan Truk Odol, para petugas juga terus mengingatkan masyarakat atau pengguna jalan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Kami juga membagi-bagikan masker sebagai langkah penanggulangan dan memutuskan mata rantai penularan covid-19,” sebutnya.

Untuk diketahui, pengaturan lalu lintas di tempat rawan kemacetan, juga dilaksanakan di sejumlah ruas jalan seperti di Jalan Telukabessy, dan Desa Batu Merah, Kota Ambon.

Sebelumnya, saat memimpin kegiatan, Siahaya meminta setiap personil tetap mengedepankan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, dan menjaga jarak.

BACA JUGA :  Cetak Sawah Pulau Buru Segera Rampung

Personel, pinta dia, dalam menjalankan operasi baik mengatur lalu lintas atau memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat harus tetap bersikap humanis. (Ruzady Adjis/Humas Polda Maluku)

No More Posts Available.

No more pages to load.