Seekor Paus Terdampar di Muara Sungai Kecamatan Bula Seram Timur

by
Paus terdampar di muara sungai Nama Timur, Kecamatan Bula, Kabupaten SBT, Rabu (2/3/2022). Foto : PSDKP Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Seekor Paus dengan panjang 9,40 meter dan lebar 2 meter terdampar di muara sungai Nama Timur, Kecamatan Bula, Kecamatan Seram Bagian Timur (SBT), Rabu 2 Maret 2022.

Pengawas Perikanan Stasiun PSDKP Ambon, Wilayah Kerja Bula, Yochni Anwar Idrus menjelaskan, hewan mamalia laut tersebut ditemukan sudah dalam kondisi mati dan mulai membusuk.

Lokasi terdamparnya kata dia jauh dari pemukiman warga.

Diperkirakan Paus ini sudah mati sejak 4 atau 5 hari saat ditemukan.

Dilihat dari bentuk kepalanya yang khas kotak plontos dan bentuk mulut, ini merupakan jenis paus sperma (Physeter macrocephalus).

Pengawas Perikanan Stasiun PSDKP Ambon, Wilker Bula, Yochni Anwar Idrus di lokasi temuan bangkai Paus. Foto : tangkapan layar

“Diperkirakan empat sampai lima hari sudah mati,”kata Idrus melalui video berdurasi 1 menit dan 46 detik yang dirilis PSDKP Ambon, Jumat (4/3/2022).

Diduga, bangkai Paus ini hanyut ke perairan dangkal dan terdampar di lokasi tersebut.

Karena sudah mulai membusuk, bangkai Paus itupun kata Idrus tidak dapat dikubur ataupun ditarik ke darat untuk dibakar maupun ditenggelamkan.

Sehingga langkah penanganan yang diambil adalah melalui dekomposisi alami.

“Sudah membusuk, sehingga dilakukan penanganan dekomposisi alami dengan mengikat bangkai Paus agar tidak terbawa arus. Hal ini dilakukan atas kerja sama melalui komunikasi dengan Loka PSPL Sorong Satker Ambon,”tandasnya. (Ruzady Adjis)