218 Jamaah dari Malut Jalani Ibadah Umrah Perdana di Tanah Suci Mekkah

by
Sebanyak 200 jamaah umroh masyarakat Gebe Halmahera Tengah dan 18 jamaah gabungan menjalani ibadah di tanah suci secara perdana dilepas Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba di Asrama Haji Ngade,Ternate, Sabtu (12/3/2022) (ANTARA/Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM,-TERNATE-Sebanyak 200 jamaah umrah asal Gebe Halmahera Tengah dan 18 jamaah gabungan menjalani ibadah di Tanah Suci Mekkah, secara perdana yang dilepas Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba di Asrama Haji Ngade,Ternate, Sabtu (12/3/2022).

“Sebanyak 218 jamaah umrah dari Gebe Halmahera Tengah bersama 18 jamaah gabungan lainnya berasal dari Kota Ternate, Ambon, Makassar dan Jakarta merupakan perjalanan ke Tanah Suci secara perdana setelah daerah ini dilanda pandemik COVID-19 pada tahun 2000 silam,” kata Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba.

Gubernur mengisahkan, perjalanan lebih dari 25 tahun mengantarkan jamah haji Indonesia Malut, namun baru kali ini menemukan seorang pimpinan perusahaan yang memiliki keihklasan memberangkatkan 200 orang jamaah umrah sekaligus dalam satu perjalanan.

“Saya merasa sangat bangga pada pimpinan┬áPT Mineral Trobos yang bisa bawa 200 orang umrah untuk pertama kalinya dalam suasana pandemi COVID-19,” katanya.

Untuk itu, Gubernur berharap, setiap langkah para jamaah umrah harus berhitung karena tanah yang diinjak adalah bekas bekas jejak Rasulullah. Janganlah sampai lalai untuk bertasbih.

Dirinya juga meminta agar tidak lupa bahwa perjalanan ini adalah perjalanan menuju sang pencipta.

Sementara, Ketua Cabang Jakarta PT. Mineral Trobos, Zainuddin Umasangaji menjelaskan bahwa program umrah warga Gebe ini adalah salah satu bentuk kepedulian PT Mineral Trobos terhadap masyarakat lingkar tambang Gebe dimana perusahaan ini beroperasi.

Dia menyebut, pimpinan perusahaan ini menyadari dan berprinsip bahwa masyarakat yang ada di lingkar tambang harus ikut merasakan manfaat dari potensi Sumber Daya Alam di lingkungannya.

Oleh karena itu, Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) merupakan pengejawantahan dari Corporate Social Responsibility (CSR) juga dilakukan sejumlah program sosial lainnya seperti pembangunan mesjid hingga pemberian BLT.

BACA JUGA :  Akhir Desember, Kapal Pembangkit Listrik Turki Beroperasi di Ambon

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba, menambhkan, keberangkatan jemaah umrah dibagi dalam dua gelombang yaitu gelombang pertama berjumlah 100 orang yang akan berangkat besok tanggal 12 Maret 2022 dengan menggunakan pesawat batik Air.

Sementara untuk gelombang kedua dengan jumlah 118 rencananya akan dengan menggunakan pesawat batik dan Garuda pada tanggal 14 Maret 2022.

Sekedar diketahui jemaah umrah asal Gebe merupakan jamaah yang di fasilitasi Pimpinan Perusahaan PT Mineral Trobos David Glen melalui program sosial di luar dana CSR perusahaan.

“Jadi jamaah umrah yang merupakan masyarakat Gebe merupakan rombongan yang difasilitasi oleh pimpinan PT Mineral trobos melalui program sosial dan bukan menggunakan dana CSR perusahaan,” kata Rahwan.

Semua jemaah umrah menggunakan dua jasa perusahaan travel dan umrah yakni Pandi Kencana Murni (PaKem) Tour dan perusahaan semesta alam mandiri (Triaz Travel).

Pewarta : Abdul Fatah/Antara
Editor : Heru Dwi Suryatmojo

No More Posts Available.

No more pages to load.