PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Maluku di Saumlaki

by
Petugas PLN siagakan Gardu PLN untuk pasokan listrik MTQ Tingkat Provinsi Maluku ke XXIX Tahun 2022 di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (15/3/2022). FOTO : PLN

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, PLN mengerahkan 59 personil yang akan disebar ke 10 (sepuluh) lokasi pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku yang akan bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 15 – 24 Maret 2022.

TERASMALUKU.COM,-SAUMLAKI-PLN siap untuk mengamankan gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Maluku tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Adapun pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku ini akan berlangsung pada tanggal 18 – 24 Maret 2022, yang pembukaannya akan digelar di Lapangan Mandriak, Kota Saumlaki tanggal 18 Maret 2022.

Dalam rangka mendukung kesiapan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku tersebut, PLN menyiapkan berbagai langkah pengamanan keandalan sistem kelistrikan dan juga infrastruktur kelistrikan pendukungnya.

Petugas PLN di lokasi MTQ Provinsi Maluku di Kota Saumlaki. FOTO : PLN

Khusus untuk acara Pembukaan Gelaran MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku di Lapangan Mandriak, PLN menyiapkan 2 (dua) unit Genset Mobile berkapasitas 200 kilo watt (kW) dan 100 kW di lokasi tersebut.

Selain itu, PLN juga memperkuat keandalan pasokan kelistrikan dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Saumlaki sebagai backup sistem yang di supply dari PLTD Bomaki.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara menyampaikan,  pihaknya secara proaktif terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta Panitia Penyelenggaraan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku, terutama terkait dengan pengamanan kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk gelaran MTQ ini.

“Kami siap untuk mengamankan pasokan kelistrikan gelaran MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku, baik mulai dari pameran yang berlangsung tanghal 17 Maret 2022 sebelum kegiatan pembukaan sampai dengan penutupan perhelatan akbar ini serta kelistrikan di Saumlaki secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung”, tutur Adams dalam siaran persnya, Selasa (15/3/2022).

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, PLN mengerahkan 59 personil yang akan disebar ke 10 (sepuluh) lokasi pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku yang akan bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 15 – 24 Maret 2022.

Selain itu, PLN turut menyiagakan Genset Mobile sebanyak 2 (dua) unit berkapasitas masing-masing 100 kilo watt (kW) dan 200 kW serta 7 (tujuh) unit Genset berkapasitas mulai dari 5 kW, 8 kW, 20 kW dan 40 kW.

PLN juga memastikan ketersediaan pasokan listrik di Saumlaki cukup. Saat ini sistem kelistrikan Saumlaki memiliki daya mampu sebesar 6,3 Megawatt (MW) dengan beban puncak 4,81 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 1,49 MW.

Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran MTQ XXIX ini diprediksi mencapai 5,3 MW. (***)