Dibuka Presiden Jokowi, Gubernur Murad Hadiri Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan KUMKM

by
Foto : Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku, Murad lsmail hadiri Rapat Koordinas Nasional (Rakornas) Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI, Senin (28/3/2022) di Jakarta. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo secara daring dari Istana Negara didampingi Menkop dan UKM, Teten Masduki.

Gubernur didampingi langsung Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, M. Nasir Kilkoda. Rakornas ini akan berlangsung hingga Selasa (29/3/2022).

Gubernur Maluku, Murad Ismail (tengah) dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, M. Nasir Kilkoda (kanan). Foto : Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku

Rakornas ini dihadiri oleh 1.200 peserta dimana 200 peserta hadir secara luring dan 1.000 lainnya hadir secara daring. Para peserta   merupakan perwakilan dari ragam pemangku kepentingan mulai dari kementerian/lembaga, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemerintah daerah, lembaga pembiayaan perbankan dan non-bank, BUMN, perguruan tinggi, asosiasi lembaga inkubator bisnis, dan komunitas bisnis.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, M. Nasir Kilkoda menambahkan, rakornas ini dalam rangka pengembangan ekositem kewirausahaan nasional melalui pemanfaatan teknologi tranformasi digital koperasi umkm ( KUMKM ).

“Untuk mendukung ekonomi digital nasional dengan taget UMKM capaian 30 juta UMKM Onboarding Digital dan 500 Koperasi Moderen Berbasis Digital di tahun 2024,”terangnya.

Target nasioanal untuk koperasi nasional Tahun 2022 adalah menciptakan 180 koperasi modern diantaranya 80 koperasi pertanian dan 70 koperasi non pertanian.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya basis data tunggal dalam upaya pengembangan UMKM yang berkelanjutan sehingga pendataan tunggal yang komprehensif dan akurat harus terus ditingkatkan.

“Kita harus memiliki basis data tunggal UMKM yang bisa menavigasi pengembangan UMKM agar lebih fokus, agar lebih terarah dan berkelanjutan, dan membawa para pelaku usaha kecil, koperasi untuk semakin maju dan sejahtera”kata Jokowi.

Sejalan dengan itu, Jokowi juga mendorong pembenahan dari hulu sampai ke hilir agar produk UMKM semakin berkualitas dan kompetitif, seperti dari sisi kemasan hingga branding.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku, telah menandatangani Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024 dan inginkan ekosistem kewirausahaan nasional harus semakin membaik melahirkan lebih banyak wirausaha-wirausaha muda yang baru, wirausaha-wirausaha muda yang produktif, kreatif dan siap memajukan UMKM Indonesia dan bersaing di pasar global.

Lebih lanjut, Kepala Negara meminta kepada jajaran pemerintahan baik dari pusat sampai ke daerah untuk bekerja keras memperbaiki ekosistem usaha. “Mulai dari mempermudah perizinan usaha, memperluas akses terhadap permodalan, peningkatan sumber daya manusia (SDM), hingga memperkuat inovasi dan teknologi sehingga produk-produk UMKM semakin kreatif dan menarik,”pesannya.

Peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UMKM diminta Presiden perlu dilakukan melalui pelatihan-pelatihan, memberikan pelatihan keahlian-keahlian baru, mengenalkan dan memanfaatkan teknologi produksi, serta berbagai teknologi digital yang bermanfaat bagi pengembangan usaha. (Ruzady Adjis)