Jalan Trans Seram di SBB Ambruk, 5 Jam Arus Transportasi Lumpuh Total

oleh
Salah satu titik ruas jalan Trans Seram di Desa Nuruwe, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten SBB, Kamis (31/3/2022) ambruk hingga sebabkan arus transportasi sempat lumpuh total. Foto : BPBD Provinsi Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ruas jalan Trans Seram tepatnya di Desa Nuruwe, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) ambruk pada Kamis (31/3/2022) pagi. Akibatnya, arus transportasi lumpuh total di ruas jalan nasional itu kurang lebih 5 jam lamanya sejak kejadian tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten SBB, Manda M. Kamelane mengatakan, jalan tersebut ambruk sejak Kamis subuh akibat kawasan tersebut diguyur hujan beberapa hari terakhir ini.

Ambruknya salah satu titik ruas jalan nasional ini menyebabkan arus transportasi dari kota piru menuju kecamatan Kairatu barat, Kairatu, ke pelabuhan waipirit dan sekitarnya lumpuh total. “Sejak masih subuh, iya arus lalulintas terputus,”kata MAnda dihubungi dari Ambon Kamis.

Pasca jalan ambruk, Kamis pagi pihak desa setempat langsung sigap buatkan jalan darurat. “Karena jalan putus, pagi hari dari pihak desa bikin jalan darurat, lalu sampai jam kantor alat diturunkan untuk bikin jalan darurat, ditimbun dilokasi yang ambruk itu,”terangnya.

Masih kata Manda, aktivitas arus lalulintas kendaraan dapat kembali normal sekitar pukul 11:00 WIT setelah lokasi yang ambruk itu ditimbun. “Sudah dari jam 11 sudah mulai lancar,”sambungnya.

Untuk rehabilitasi, kata Manda lebih lanjut, akan segera dilakukan. Ini setelah pihak Pemkab berkoordinasi dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN).

arus transportasi “Segera dilakukan, itu kan (kewenangannya) Balai Jalan punya, dari Pemda, Pak Bupati langsung turun ke lapangan dari BPBD dan dari Balai Jalan dan pemrintah desa,”tandasnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku, Hanri Farfar juga mengatakan, terkait hal ini, Pemkab dan BPBD SBB juga sudah koordinasikan dengan BPJN. “Jadi itu kewenangannya Balai Jalan ya dan Dinas PU, tapi sudah dikoordinasikan (untuk penanganannya,”kata Farfar dihubungi via seluler. (Ruzady Adjis)

BACA JUGA :  Uang Pecahan Kecil Paling Laris Saat Penukaran

No More Posts Available.

No more pages to load.