Polda Selidiki Pemilik Senpi dan Bom Rakitan Yang Ditemukan di Hutan Pulau Haruku

by
Dirkrimum Polda Maluku, Kombes Pol. Andi Iskandar didampingi Kabid Humas Polda Maluku saat berikan keterangan pers di Mapolda MAluku, Ambon, Kamis (31/3/2022) terkait temuan senjata api, amunisi dan bom rakitan di hutan Pulau Haruku. Foto : Humas Polda Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Siapa pemilik senjata api beserta amunisi dan bahan peledak (bom rakitan) yang ditemukan di hutan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah belum diketahui. Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku masih lakukan penyelidikan.

BACA JUGA : Senpi dan Bom Rakitan Ditemukan Aparat Keamanan di Hutan Pulau Haruku

BACA JUGA : Senpi Organik Yang Ditemukan di Hutan Pulau Haruku Ternyata Dicuri dari Gudang Senjata Brimob

Bahkan sejak pertama kali temukan senjata mesin berat jenis 12,7 beserta 6 butir amunisinya pada 13 Februari di hutan Pulau Haruku, aparat kepolisian juga sudah tanyakan kepemilikan senjata api itu kepada masyarakat sekitar lokasi temuan, namun kata Iskandar, belum didapati hasil siapa pemiliknya.

“Siapa pemilik, kita masih telusuri,”kata Iskandar saat berikan keterangan pers di Mapolda Maluku, Kamis (31/3/2022) didampingi Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat.

Yang pasti lanjut Iskandar, pihaknya tidak akan berhenti sampai disini saja, tapi langkah-langkah selanjutnya akan dilakukan. “Kita tidak akan berhenti sampai disini saja, tentu ada langkah-langkah selanjutnya yang akan kita lakukan,”sambungnya.

Lebih dikatakan Iskandar, berhasilnya ditemukan senpi beserta amunisi dan bom rakitan di hutan melalui petroli dan razia oleh aparat kepolisian, tidak terlepas dari innformasi yang disampaikan masyarakat.

Apalagi masyarakat inginkan kedamaian di Maluku khususnya di Pulau Haruku.

“Karena ini juga berkat kerjasama informasi dari masyarakat yang inginkan Maluku khususnya Pulau Haruku aman damai sehingga mereka dengan sukarela menyampaikan informasi kepada kita bahwa ada beberapa titik tempat persembunyian atau tempat menyembunyikan senjata api dan bom rakitan,”tandasnya.

Ditambahkan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat, senpi, amunisi dan bom rakitan ini tidak ditemukan dalam tanah, melainkan ditemukan di goa-goa.

“Ini tidak ditemukan di dalam tanah, tapi ada yang ditemukan di goa-goa,”ungkapnya menjawab wartawan.

Dia pun menghimbau bagi masyarakat yang masih memiliki, menguasai dan menyimpan senjata api termasuk bom rakitan, bisa diserahkan kepada aparat yang berwenang baik itu TNI mapun Polri.

“Sekali lagi kami menghimbau kepada masyarakat, apabila menguasai barang-barang ini agar diserahkan kepada aparat yang berwajib. Apabila itu diserahkan secara sukarela, sudah pasti kami tidak akan menindak mereka. Bahkan akan memberikan penghargaan kepada mereka. Tetapi apabila itu ditemukan melalui razia yang kedapatan menguasai secara langsung maka sudah pasti akan kami proses hukum sesuai dengan aturan atau ketentuan yang berlaku,”tandasnya. (Ruzady Adjis)