Review dan Spesifikasi iPhone XR

by
iPhone XR. FOTO : gizmologi.id

iPhone XR merupakan produk Apple yang dirilis pada 2018 lalu. Meskipun dirilis beberapa tahun silam akan tetapi eksistensi iPhone XR belum padam, terbukti masih banyaknya orang memakai iPhone XR.

Pada tahun 2022 ini tentunya harga iPhone XR tidak semahal peluncuran pertamanya. Tapi apakah masih ‘layak’ digunakan di tahun 2022? Jawabanya adalah ‘iya’ karena Apple membekali banyak teknologi canggih di iPhone XR.

Berikut adalah pembahasan lebih lengkap tentang iPhone XR!

  1. Desain

iPhone XR masih memiliki tombol Touch ID yang menambah nilai estetika. Tombol touch ID ini dimulai pada iPhone 5s yang menjadi  teknologi peningkatan dari iPhone 5.

Desainnya semakin ciamik dengan bingkai kha Apple pada iPhone XR. Tepi simetris pada Apple sangat terasa unik sangat cocok untuk para OCD yang mengharuskan kerapihan.

Nuansa desain pada iPhone XR ini memberikan kesan mewah dan menawan. Hal ini berasal dari ciri khas Apple yang memiliki lighting tidak sejajar dari bagian tengah tepi yang dekat ke layar, membuatnya menarik untuk dilihat.

  1. Layar & Tahan Air

iPhone XR hadir dengan teknologi baru yang sebelumnya belum dikenalkan pada produk Apple lainnya. iPhone XR memiliki ketahan air yang sangat baik, yang dapat membuat iPhone XR memiliki masa pemakaian yang lebih panjang.

Pada bagian layar iPhone XR menggunakan sensor cahaya 6 saluran atau disebut true tone yang membuat  layarnya menghasilkan gambar lebih jernih dan terasa nyata.

Layar iPhone XR mampu memberikan keseimbangan warna yang tepat sesuai suhu cahaya yang berada di sekitar lingkungan berkat sensor cahayanya. Sensor tahan air iPhone XR ini memiliki ketahan hingga 1 meter dan selama 3 menit.

Kemampuan kedirgantaraan ini berasal dari bagian depan berisi kaca yang kokoh kemudian disegel dengan beberapa milimeter tepi aluminum.

  1. Face ID

Selain teknologi tahan air yang dibekali ke iPhone XR. Teknologi biometric juga dibekali ke produk Apple ini, inilah yang membuat iPhone XR masih sangat layak digunakan di 2022 karena memiliki fitur yang sangat penting untuk ponsel zaman ini.

Face ID merupakan kata sandi terbaik untuk sebuah ponsel, yang membuatnya aman dari penggunaan orang lain. iPhone XR hanya dapat dibuka dengan mendeteksi wajah penggunanya melalui kamera depan iPhone XR.

Selain itu, terdapat juga fitur Apple pay yang memungkinkakn kamu membayar melalui iPhone XR di toko-toko yang sudah bekerjasama dengan Apple.

Fitur face id pada iPhone XR sangat sensitif. Sistem biometricnya akan mengetahui pengguna ponselnya meskipun kamu menggunakan kacamata hitam dan menumbuhkan jenggot.

Sistem biometric dari iPhone XR merupakan sistem AI yang dapat membaca perubahan wajah dari pengguna ponsel ini. Hal ini didapatkan dari teknologi yang digunakan yaitu sistem Kamera TrueDepth, Neural Engine, dan Enklave aman.

Gabungan ketiga teknologi tersebut membetuk sistem face ID atau pengenalan wajah yang paling canggih dari Apple untuk iPhone XR.

  1. Kamera

Meskipun kamera belakang iPhone XR tidak memiliki banyak kamera seperti kebanyakan smartphone saat ini. Tetapi, kamera belakang iPhone XR sangat layak dipakai pada tahun 2022 ini, berkat teknologi yang disematkan Apple.

Kamera belakang iPhone XR memiliki resolusi 12 MP yang dibekali teknologi intelligent HDR yang menghasilkan foto sangat optimal, dan membuat foto menjadi tambah nyata dan jernih karena prosesor gambar yang ditingkatkan dari seri iPhone sebelumnya.

Kamera depan iPhone XR juga memiliki resolusi yang sangat baik yaitu sebanyak 7MP yang dapat kamu gunakan untuk swafoto dengan mode potret, ataupun membuat konten vlog.

Kamera TrueDepth yang dibekali kepada iPhone XR ini akan menghasilkan detail wajah pada swafoto kamu menjadi sempurna. (***)