50 kali Beraksi, Maling di Ambon Ini Akhirnya Ditangkap Polisi

by
Y.R alias A.R tersangka kasus pencurian. Foto : Humas Polresta Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Y.R alias A.R, maling yang sudah lebih dari 50 kali lancarkan aksi kejahatannya di kawasan Nusaniwe, Kota Ambon ini akhirnya ditangkap aparat kepolisian Polresta Pulau Ambon.

Ia kini ditetapkan sebagai tersangka kasus pencurian dengan pemberatan.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo menjelaskan, penangkapan Y.R ini berawal dari laporan polisi yang diterima Polresta Ambon dari korban berinisial R.T pada 23 Maret 2022 lalu usai rumah korban di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon dimaling Y.R.

Korban R.T alami kerugian 3 unit hp hilang, sejumlah perhiasan, uang tunai Rp. 200ribu dan beberapa slop rokok hilang digondol Y.R.  Totalnya korban alami kerugian mencapai Rp. 35 Juta.

Atas laporan korban ini, tersangka Y.R kemudian ditangkap Unit Buser & Unit Pidum Satreskrim Polresta Ambon pada hri Minggu 27 Maret atau 4 hari berselang.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo.

“Modus operandi, tersangka melakukan pencurian dengan cara awalnya melakukan pemantauan lokasi target (rumah korban), lalu melihat orang keluar dari rumah korban dan mengunci pintu rumah, tersangka mengetahui kalau tidak ada orang di rumah korban, selanjutnya tersangka menuju belakang rumah, memanjat tembok belakang dan memaksa masuk ke dalam rumah korban selanjutnya mengambil barang-barang milik korban,”terangnya Kamis.

Pasca ditangkap, barulah terungkap, ternyata tersangka sudah 50 kali lakukan aksi kejahatannya itu di sekitaran wilayah Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. “Hasil pengembangan sementara oleh Tim gabungan dari Buser Satreskrim dan Unit Reskrim Polsek Nusaniwe diketahui tersangka telah melakukan perbuatan pencurian sebanyak 50 kali di lokasi yang berbeda sekitaran wilayah Nusaniwe,”sambungnya.

Para korban yang rumahnya disantroni tersangka Y.R ini mengalami kerugian yang bervariasi dengan taksiran total kerugian mencapai Rp. 362 Juta.

“Dominan mengalami kerugian berupa uang tunai, HP dan sejumlah perhiasan, selain barang tersebut ada juga korban yang alami kerugian barang lainnya berupa Laptop, TV, Kamera, dan lain-lain,”tandasnya. (Ruzady Adjis)