Puncak Mudik di Pelabuhan Ambon Diprediksi Mulai H-15 Lebaran

by
Calon penumpang KM. Doro Londa ketika akan naiki kapal di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (12/4/2022). Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puncak arus mudik lebaran tahun 2022 di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon diprediksi akan mulai terlihat pada 15 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau H-15.

Dikatakan Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff itu artinya, peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Ambon akan mulai meningkat 17 April mendatang atau H-15.

Puncak mudik akan berlangsung hingga H+15 atau 15 hari setelah Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang.

Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff. Foto : terasmaluku.com

“Kita persiapan itu sekitar tanggal 17 April atau H-15 sampai dengan H+15, lebaran kan sekitar tanggal 2 atau 3 Mei,”kata Assagaff saat diwawancarai di Pelabuhan Ambon, Selasa (12/4/2022).

Untuk angkutan selama mudik lebaran tahun ini, kata Assagaff, PT. Pelni (Persero) kerahkan 9 kapal berukuran besar yakni KM. Dorolonda, Dobonsolo, Tidar, Leuser, Sangiang, Sirimau, Nggapulu dan Pangrango serta satu kapal deviasi yaitu KM. Ciremai.

“Jadi yang masuk Ambon itu ada 8 kapal putih ditambah (KM) Ciremai jadi ada 9, cuma karena Nggapulu belum jalan jadi sementara masih 8 yang baru jalan. Ciremai tadinya kan tidak masuk sini (Ambon), nanti dari Baubau-Ambon-Sorong pulang pergi. KM. Tidar juga yang tadinya hanya sampai Manokwari saja kini Jayapura,”terangnya.

Selain kapal penumpang ukuran besar diatas, Pelni Ambon juga pastikan 5 armada perintis yang homebase di Ambon serta 2 aramda homebase di luar Ambon juga siap dioperasikan. “Perintis semuanya juga siap beroperasi,”sambungnya.

Untuk arus mudik dari Pelabuhan Ambon ke Pelabuhan Banda Neira, kata Assagaff menambahkan masih menunggu beroperasinya kembali KM. Nggapulu. Jika hingga puncak mudik kapal belum beroperasi, maka akan dideviasikan kapal perintis karena menurutnya jalur Ambon-Banda termasuk salah satu jalur yang cukup padat pemudiknya.

Secara nasional, sebanyak 26 kapal penumpang dan 44 kapal perintis disiapkan PT. Pelni (Persero) untuk angkutan lebaran tahun ini dengan total seat yang dipersiapkan sebanyak 49.267 seat yang terdiri dari 32.447 seat untuk kapal penumpang dan 16.820 seat kapal perintis.(Ruzady Adjis)