Kapal Pembangkit Listrik Resmi Beroperasi, Bakal Melistriki Maluku

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Pemerintah Provinsi Maluku bersama PLN Group baru saja meresmikan Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara 1 atau kapal pembangkit listrik buatan Indonesia di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (14/4/2022).

BMPP Nusantara 1 ini nantinya akan menggantikan kapal listrik milik Turki Floating Power Plan (LMVPP) Karadeniz Yasin Bey milik Turki yang akan habis masa waktu kerjanya sebentar lagi.

Kapal LMPP Turki di Waai akan berhenti beroperasi dan diganti BMPP Nusantara 1 untuk melistriki Maluku dan Maluku Utara

Dengan begitu sumplainlistrik ke Pulau Ambon Maluku dan Maluku Utara dipastikan Aman dan tidak ada gangguan.

General Maneger PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara Adam Yogasara dalam sambutannya menyatakan pasokan listrik ke Maluku akan bersumber dari dalam negeri dan merupakan sebuah kebanggaan.

“Pasokan listrik akan pakai dari dalam negeri yang dikelola PLN group,” Kata Adam saat membuka sambutan di lokasi BMPP Nusantara 1, (Kamis 14/4/2022).

BMPP yang beroperasi di Waai berkapasitas 60 Mega Watt, BMPP Nusantara 1 mampu mendukung kehandalan pasokan listrik pada sistem kelistrikan Ambon yang nantinya akan memiliki Daya Mampu sebesar 104 Mega Watt dan beban puncak mencapai 61,5 megawatt.

“42,5 mgwat cadangan. Jadi tidak ada perbedaan selepas LMPP (kapal Turki) berhenti beroperasi. Maka pasokan listrik cukup untuk dukung kebutuhan listrik industri, bisnis dan kebutuhan lainnya,” lanjut Adam.

Perwakilan PT PAL Iqbal Rifky yang terlibat dalam pembuatan kapal BMPP yang hadir dalam peresmian menyatakan, pengoperasian kapal BMPP menggunakan dua bahan bakar alternatif yaitu bahan bakar gas dan minyak.

Diharapkan kehadiran BMPP milik Indonesia dapat mendukung kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara. (PRISKA BIRAHY)