Maluku dapat 41 Ton Minyak Curah Subsidi dari Kemendag

by
Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Yahya Kotta. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan RI distribusikan 41 ton minyak goreng curah ke Maluku.

BACA JUGA : Disperindag Maluku Akan Gelar Pasar Murah Jelang Lebaran

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, Yahya Kotta menjelaskan minyak curah yang disitribusikan Kemendag itu sudah dalam bentuk kemasan ukuran 18 liter.

“Ada kebijakan pemerintah terkait minyak curah, minyak curah ini tidak berlabel dan merk, tetapi kebijakan pemerintah Indonesia lewat Menteri Perdagangan itu mengkhususkan 5 provinsi yaitu Maluku, Papua, Papua Barat, Maluku Utara serta NTT dapatkan jatah minyak curah dalam bentuk kemasan, kalau tidak salah (kemasannya) 18 liter sebanyak 41 ton, produksi PT. Sinas Mas,”kata Yahya diwawancarai Kamis (14/4/2022) di kantor Gubernur Maluku, Ambon.

Perliternya minyak curah ini dihargai 14ribu dan perkilogramnya 15.500 sesuai HET. “Untuk Provinsi Maluku sudah ada di pelabuhan Yos Sudarso dan akan didistribusikan oleh distributor Tri Samudera,”sambungnya.

Minyak curah yang didistribusikan Kemendag ini lanjut Yahya untuk membantu kebutuhan migor yang secara nasional alami kelangkaan meski di Maluku sendiri tidak alami itu dan harga migor dipasaran berkisar 25ribu sampai 27ribu perliter permerk.

“Bahkan beberapa waktu lalu posisi migor baik itu premium, sederhana tersedia dalam jumlah yang cukup, tapi dengan adanya program pemerintah distribusikan minyak curah dan Maluku dapatkan jatah itu sehingga mau tidak mau kita harus terima,”ujarnya.

Harga migor curah ini lanjut Yahya diupayakan akan tetap sesuai HET meski didistribusikan ke kabupaten/kota.

“Ini diupayakan agar ketika didistribusikan ke kabupaten/kota pun harga tetap seperti itu sesuai HET minyak curah,”tandasnya. (Ruzady Adjis)