Ini Cara Kemenkeu Dorong UMKM dan Pelaku Usaha Maluku Go Internasional

oleh
Para narasumber saat Talks Show UMKM dan pengusaha muda lewat kegiatan RamadhanKeu bersama Millenial Maluku yang dilangsungkan Senin (18/4/2022) di Ambon. Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Perwakilan Kementerian Keuangan di Provinsi Maluku selenggarakan event bertajuk RamadhanKeu bersama Millenial Maluku.

Rangkaian kegiatan yang menyasar anak muda Maluku ini terdiri dari Talk Show UMKM dan pengusaha muda, Lomba Da’i Millenial, Kemenkeu Berbagi, dan Ceramah Ramadhan dan dilangsungkan di Ballroom Amaris Hotel, Senin (18/4/2022) dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Maluku, Priyono Triatmojo beserta pimpinan Satuan Kerja (Satker) Kemenkeu di Provinsi Maluku.

Hadir sebagai narasumber dari berbagai instansi terkait yaitu Kepala BKIPM Ambon, Muhammad Hatta Arisandi, Kabid Perdagangan Luar Negeri Disperindag Maluku, Syarif Hidayat, Kepala KPP Pratama Ambon, Widi Pramono, Kepala Seksi Perbendaharaan KPPBC TMP C Ambon, Yusuf Nasution dan Pimpinan Bank Mandiri cabang Maluku, Miftahul Huda.

“Talkshow bersama UMKM dan pengusaha muda ini bertemakan “Go Internasional, UMKM bisa!” misinya Kemenkeu bersinergi dengan stakeholder terkait dapat mendukung penuh kebangkitan UMKM dan para pelaku usaha di Maluku agar berskala internasional,”kata Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Maluku, Priyono Triatmojo Selasa (19/4/2022).

Para narasumber menyampaikan berbagai layanan pendampingan dan contoh success story keberhasilan ekspor di Maluku. “Momentum ini dimanfaatkan para pengusaha pula untuk curhat agar mengurai segala kendala baik pengemasan, perizinan, pencarian buyer, hingga transaksi internasional,”sambungnya.

Sebagai solusi atas kebutuhan UMKM dan pengusaha muda agar go internasional ini, lahirlah komunitas eksportir muda yang merupakan wadah bersama yang mempertemukan seluruh stakeholder bersama pelaku usaha dalam mendukung percepatan keberhasilan ekspor.

Talk show ini lanjut Priyono, merupakan tindak lanjut atas arahan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang meminta seluruh unit di Kemenkeu untuk memperbaiki cara kerja khususnya dalam memberdayakan UMKM.

Apalagi Kemenkeu diminta harus mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada agar dapat dirasakan dan berdampak luas kepada UMKM.

BACA JUGA :  Mewujudkan Angkutan Mudik Lebaran Yang Nyaman di Maluku Utara

“Kegiatan ini tentunya menjadi angin segar yang menyemangati dan mendorong aktivitas UMKM agar  kontribusi signifikan bagi perekonomian setelah masa pandemi, baik optimalisasi kegiatan industri, ekspor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi,”tuturnya.

Meriahkan Momen Ramadhan

Selain Talkshow, Perwakilan Kemenkeu di Maluku juga meriahkan momen bulan suci Ramadhan tahun ini dengan selenggarakan Lomba Da’i Millenial dengan jumlah peserta dari 22 millenial usia 16-30 tahun yang mengirimkan video ceramahnya dalam sepekan.

Tampil 3 finalis pemenang lomba yakni Eris Wasahua, Zatia Tuannisa, dan La Hardiyansah Wally di acara puncak RamadhanKeu bersama Millenial.

Salah satu peserta, Zatia, mampu menarik perhatian peserta dengan pantun dan ceramahnya yang penuh humor.

Priyono mengatakan bibit-bibit da’i muda ini akan terus dilatih untuk tampil ceramah setidaknya di instansi Kemenkeu. “Agar semakin berkapasitas untuk menambah syiar Maluku yang madani di bulan suci Ramadhan dan di masa mendatang,”ujarnya.

Melengkapi acara ini, Kemenkeu juga menyerahkan secara simbolis program “Kemenkeu Berbagi” bernilai lebih dari 15 juta rupiah yang merupakan bentuk social responsibility dari seluruh pegawai Kemenkeu dengan dukungan lembaga zakat Yakesma Maluku yang akan mulai didistribusikan Kamis (21/4/2022) nanti kepada panti asuhan, pesantren, dan TPQ,  dengan kriteria penerima yatim, dhuafa, dan da’i pelosok yang membutuhkan. (Ruzady Adjis)

No More Posts Available.

No more pages to load.