Kodam Pattimura Resmikan Sarana MCK Untuk Pengungsi Kariu

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Peningkatan kesehatan menjadi salah satu poin penting dalam program unggulan Kodam XVI/Pattimura “Mutiara Pattimura” yang digagas oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon.

Implementasinya dapat dilihat pada kepedulian Kodam XVI/Pattimura terhadap pengungsi Desa Kariu Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah di Desa Aboru, Pulau Haruku.

Kodam Pattimura membangun 8 unit Sarana Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). 8 unit MCK tersebut diresmikan oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury mewakili Pangdam XVI/Pattimura, di Desa Aboru, Minggu (24/4/2022).

Pembuatan MCK ini juga merupakan salah satu program di bidang pembinaan teritorial yang menyasar langsung masyarakat korban konflik warga itu.

Dengan adanya sarana MCK diharapkan masyarakat dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan fasilitas yang lebih layak sehingga memiliki pola hidup yang lebih sehat dan lebih sejahtera meskipun masih di daerah pengungsian yang banyak keterbatasan.

MCK ini merupakan salah satu fasilitas krusial yang sangat dibutuhkan para pengungsi di Aboru. Hingga saat ini jumlah pengungsi Kariu yang berada di Aboru sebanyak 1238 jiwa atau sebanyak 350 Kepala Keluarga.

Kasdam mengatakan, kegiatan ini menjadi wujud kepedulian Kodam kepada sesama. “Sebab Kodam melalui Program “Mutiara Pattimura” berprinsip bahwa TNI AD senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menjadi solusi dalam mempererat persatuan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kodam Pattimura sebagai pelindung dan perekat Bangsa, maka sudah seharusnya selalu ikut berperan aktif secara terus menerus melakukan hal-hal yang bermanfaat dan bernilai bagi masyarakat,” kata Kasdam.

Raja Aboru, Mathen Sinay mengaku senang dan bersyukur dengan adanya peresmian MCK yang memberi manfaat bagi warga Aboru tersebut.

Untuk itu, Raja berharap agar warga dapat ikut menjaga dan merawat setiap fasilitas yang diberikan. Sebab, hal tersebut bertujuan untuk memberikan rasa nyaman bagi warga dalam melakukan aktifitas sehari-hari dengan lebih layak.

Tokoh agama setempat, Pendeta Nelhukom mengatakan, “Dengan ini, Kami mengucapkan terima kasih kepada Kodam XVI/Pattimura khususnya Bapak Pangdam yang telah menaruh perhatian kepada warga pengungsi yang ada di Aboru. Semoga momentum ini menjadi magnet bagi pihak lain untuk melakukan hal yang sama”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Zamril Philiang, Kazidam XVI/Pattimura Kolonel Czi Deden Rusmalin. Selain itu hadir juga Kadis PUPR Mat Marabesy dan Pejabat Raja Kariu Samuel Radjawane. (Pendam16)