Puncak Mudik Lebaran, Aktivitas Penumpang di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Meningkat

by
Pemudik bersiap naiki kapal penumpang PT. Pelni (Persero), KM. Nggapulu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Minggu (24/4/2022) malam. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hingga H-7 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, PT. Pelni Cabang Ambon mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang yang ingin mudik lebaran baik yang naik maupun turun di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Apalagi ini sudah masuki puncak mudik lebaran.

Pada Minggu (24/4/2022) malam saja, saat KM. Nggapulu tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, terpantau pemudik padati area pelabuhan.

KM. Nggapulu tiba setelah sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya, Makassar dan Bau-bau.

Tercatat seribuan penumpang KM. Nggapulu naik dari Pelabuhan Ambon tujuan Pelabuhan Banda Neira, Tual, Dobo, Kaimana dan Fak-Faka. Sedangkan penumpang yang turun di Pelabuhan Ambon sebanyak 365 turun.

Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff mengatakan, dari data Pelni Ambon, tercatat ada kenaikan jumlah penumpang yang masuk maupun keluar dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon gunakan armada Pelni.

Foto : terasmaluku.com

Ini lantaran armada-armada Pelni sudah bisa mengangkut 100 persen penumpang sesuai kapasitas angkut untuk wilayah Maluku saat ini. Berbeda dengan dua tahun kemarin, saat kapasitas angkut dibatasi sesuai aturan pemerintah akibat pandemi covid.

Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff. Foto : terasmaluku.com

“Sejauh ini ada kenaikan, rata-rata penumpang 100 persen yang kita layani, yang jelas ada kenaikan, puncak mudik H minus 7 ini (7 hari jelang lebaran). Untuk KM. Nggapulu hari ini saja seribuan penumpang yang naik dari Pelabuhan Ambon, yang turun 365 dan penumpang lanjutan 567, jadi sekitar 1.500an lah, kapal Nggapulu berkapasitas 3.000 penumpang, jadi masih 50 persen dari kapasitas (angkut),”terangnya saat diwawancarai di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Minggu (24/4/2022) malam.

Untuk angkutan mudik lebaran ke Pelabuhan Ambon tahun ini kata Assagaff menambahkan, Pelni kerahkan 9 armada kapal berukuran besar dan 7 armada perintis Sabuk Nusantara.

“Untuk angkutan mudik tahun kita ada tambahan satu kapal yaitu KM. Ciremai, deviasi, jadi semuanya kapal besar itu ada 9 kapal dan kapal perintias ada 7 kapal,”sambungnya.

Selain KM. Nggapulu, aktivitas arus mudik di Pelabuhan Ambon ini juga masih akan berlanjut Senin besok yang mana sesuai jadwalnya dua kapal besar KM. Ciremai dan KM. Leuser akan tiba di Pelabuhan Ambon mengangkut penumpang yang naik dari sejumlah pelabuhan di Papua dan Papua Barat.

Hingga H-7, aktivitas mudik lebaran di Pelabuhan Ambon berjalan aman dan lancar. Apalagi tiket juga tersedia sesuai kapasitas angkut.

“Berjalan aman dan lancar, ini berkat kerjasama semua pihak semua stakeholder yang ada di pelabuhan, (tiket) ketersediaanya cukup karena kita selalu backup, dari pusat juga, dan persyaratan perjalanan juga kita terapkan sesuai aturan pemerintah pusat,”tandasnya. (Ruzady Adjis)