Menteri Luhut Undang Elon Musk Hadiri G20 Saat Kunjungi Pabrik Tesla

oleh
oleh
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama CEO Tesla Inc. Elon Musk. (ANTARA/Instagram @luhut.pandjaitan)

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengundang CEO Tesla Inc. Elon Musk untuk menghadiri forum B20, yang merupakan salah satu rangkaian KTT G20 di Bali, November mendatang.

Undangan tersebut disampaikannya saat ia bertemu Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas, Amerika Serikat.

“Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti,” katanya dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Selasa (26/4/2022).

“Saya berharap ini bukanlah pertemuan kami yang terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik,” imbuhnya.

Dalam unggahannya tersebut, Luhut menceritakan pengalamannya disambut hangat oleh Elon Musk di pabrik mobil listrik Tesla. Meski momentum tersebut adalah pertemuan pertama keduanya, namun Luhut mengaku telah menjalin komunikasi sejak dua tahun belakangan.

“Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral,” ungkap Luhut.

Luhut Binsar Panjaitan Dan Elon Musk
Luhut Binsar Panjaitan Dan Elon Musk

 

Mantan Menko Polhukam itu pun mengungkapkan minat Elon Musk dalam kerja sama kali ini. Menurut dia, hal itu berkat paparannya soal potensi besar industri nikel di Indonesia yang dinilai Elon Musk sangat menjanjikan untuk memasok bahan baku baterai mobil listrik.

“…yang paling melegakan bagi saya adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerjasama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama,” katanya.

BACA JUGA :  Ini Capaian Vaksinasi Covid di Maluku Hingga 17 Februari 2021

BACA JUGA: Pemerintah Perpanjang Lagi PPKM di luar Jawa-Bali hingga 9 Mei 2022

Oleh karena itu, Luhut mengungkapkan rencana pertemuan Elon Musk dengan Presiden Jokowi pada 14 Mei 2022 mendatang. Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX.

“Nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX,” pungkas Luhut.

Pewarta: Ade irma Junida
Editor : Febrianto Budi Anggoro/Antara

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS

 

No More Posts Available.

No more pages to load.