Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Al Fatah Ambon, Khatib : Jangan Kotori Fitrahmu Dengan Miras dan Hoaks

by
Ribuan Umat Muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Masjid Raya Al Fatah Ambon, Senin (2/5/2022). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Ribuan Umat Muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1443 Hijrah di Masjid Raya Al Fatah Ambon, Senin (2/5/2022). Pelaksanaan Shalat Idul Fitri berlangsung penuh khusyuk.

Bertindak sembagai imam dalam shalat adalah imam besar Masjid Raya Al Fatah, Ustad R.R.Hasanussi. Sementara khatib adalah Dr. KH. Abdurrahim Yapona, MA, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darul Ihsan Laimu Kabupaten Maluku Tengah.

Shalat diikuti ribuan Umat Muslim yang datang dari berbagai kawasan di Ambon. Jamaah memadati halaman masjid hingga ke jalan Sultan Babullah dan jalan AM. Sangadji, depan dan samping masjid.

Khatib dalam khutbahnya mengingatkan Umat Muslim untuk senantiasa Istiqomah menjalankan perintah Allah SWT di setiap saat selepas Bulan Ramadhan.

“Nilai-nilai ibadah Puasa Ramadhan sangat universitas baik hubungan kita dengan Allah SWT maupun hubungan kita dengan sesama manusia. Karena itulah hikmah ibadah puasa Ramadhan harus terus diamalkan di tiap saat pada bulan lainnya,” kata khatib.

Khatib juga berpesan kepada Umat Muslim untuk tetap menjaga persatuan, dan persaudaraan sejati dengan sesama warga di Maluku.

Khatib meminta jamaah untuk tingkatkan nilai kesetian sosial, saling berbagi, saling memaafkan dan bersilaturahmi satu dengan lainnya.

Selain itu, khatib mengatakan setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, Umat Islam kini fitrah, terlahir suci kembali. Karena itu lanjut khatib, jangan kontori fitrah tersebut dengan perbuatan yang dilarang.

Diantaranya minumal keras (Miras), menyebarkan berita bohong atau hoaks, dengki, dan demdam serta permusuhan,

“Jangan kotori fitrahmu yang suci setengah sebulan berpuasa dengan mengkonsumsi minuman keras. Mengkonsumsi miras Itu bukan fitrah, berpeganlah kepada Alquran. Fitrah, itu menjalaga lisan, menjaga hati, menjalankan perintah Allah dan menjauhkan larangannya, menjaga persaudaran,perdamaian, saling memaafkan, tidak memfitnah dan tidak menyebarkan hoaks,” kata Khatib.

BACA JUGA :  CEK FAKTA : Rohani Vanath Sebut Pertumbuhan Ekonomi SBT Anjlok Sejak 2015

Aparat TNI dan Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan sejumlah ormas ikut mengamankan jalannya Shalat Idul Fitri.

Editor : Hamdi

 

No More Posts Available.

No more pages to load.