Arus Balik Lebaran, Penerbangan di Bandara Pattimura Meningkat

by
Pergerakan arus balik penumpang dan frekwensi penerbangan di Bandara Internasional Pattimur Ambon pasca Idulfitri 1443 Hijriah mulai mengalami peningkatan. (5/5) (ANTARA/HO/Angkasa Pura I)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Frekuensi penerbangan milik sejumlah maskapai yang beroperasi di Bandara Internasional Pattimura Ambon dalam mengangkut penumpang arus balik pascaperayaan Idul Fitri 1443 Hijriah mulai meningkat pada H+2.

“Meningkatnya frekuensi penerbangan pada H+2 berupa 15 kali pesawat datang (arrival) dan 15 kali berangkat (departure) akibat pergerakan arus balik yang meningkat dibanding H+1,” kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Pattimura Aditya Narendra di Ambon, Maluku, Kamis (5/5/2022).

Menurut dia, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Pattimura menuju Makassar (Sulsel), Jakarta, dan Surabaya (Jatim) pada Rabu (4/5) atau H+2 sebanyak 1.254 orang, sementara yang tiba 940 orang.

Jumlah ini lebih tinggi dibanding posisi H+1 pada Selasa (3/5) dimana pesawat yang datang sebanyak sepuluh penerbangan membawa 630 orang dan berangkat sepuluh kali mengangkut 718 orang.

Sedangkan aktivitas penerbangan di Bandara Pattimura pada Senin (2/5) justeru lebih sedikit yakni delapan kali penerbangan yang membawa 571 penumpang ke Ambon dan 537 penumpang lainya menuju luar daerah.

AP I Cabang Bandara Pattimura Ambon juga masih memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada H+5 antara 10 persen hingga 20 persen pada  April dan Mei dibanding aktivitas penerbangan Maret 2022.

Dia menambahkan untuk penerbangan berjadwal yang beroperasi di Bandara Pattimura Ambon melayani penumpang mudik Lebaran maupun arus balik adalah maskapai penerbangan Garuda, Citilink, Lion Air, Wings Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Trigana Air.

Sedangkan untuk penerbangan perintis menuju sejumlah bandara di wilayah Maluku masih tetap dilayani maskapai penerbangan Sam Air.

Pewarta : Daniel Leonard/Antara
Editor : Risbiani Fardaniah