Kebakaran Rumah Warga di Ambon, Begitu Lihat Kobaran Api, Nenek Ice Bergegas Selamatkan Cucunya

by
Lantai dua bangunan rumah milik warga Bentas, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Kamis (5/5/2022) terbakar. Foto : Humas Polresta Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Saat kebakaran terjadi, Ice Kakiasina (62) bersama cucunya tengah tidur di kamar bagian depan lantai dua bangunan rumah.

Hawa udara panas pun terasa, nenek Ice terbangun. Begitu keluar kamar, terlihat kobaran api di kamar bagian belakang lantai dua tersebut. Ia pun bergegas kembali ke kamar selamatkan cucunya.

Kamis (5/5/2022) siang sekitar pukul 14:20 WIT, lantai dua bangunan rumah milik Yan Kakiasina (66) yang terletak di kawasan Benteng Atas (Bentas), Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon alami kebakaran.

Pemicu kebakaran diduga akibat korsleting listrik atau arus pendek. Tak ada korban jiwa, namun lantai dua bangunan rumah hangus dilalap si jago merah.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Moyo Utomo menjelaskan insiden nahas ini terjadi Kamis siang pukul 14:20 WIT.

Kabakaran ini pertama kali diketahui oleh saksi Ice Kakiasina (62).

Saat itu, saksi bersama cucunya sedang tidur di dalam kamar bagian depan lantai dua bangunan rumah tersebut dan merasakan hawa udara panas. Sontak saja saksi langsung bangun dan keluar dari kamar.

Saat saksi keluar dari kamar tepatnya di depan pintu kamar, terlihat pada bagian kamar belakang lantai dua sudah di penuhi dengan asap pekat dan terdapat kobaran api.

“Saksi (Ice Kakiasina) bergegas kembali masuk ke dalam kamar dan langsung membangunkan cucunya kemudian saksi beserta cucunya berlari menuruni tangga menuju lantai satu rumah tersebut untuk menyelamatkan diri sembari saksi berteriak meminta tolong,”terangnya.

Saksi dan cucunya pun berhasil selamatkan diri keluar dari bangunan rumah dan saat itu juga terlihat banyak warga sekitar yang berdatangan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun kobaran api terus membesar dan membakar seluruh bangunan lantai dua rumah tersebut.

Mobil pemadam Kebakaran dan Penyelamatan saat berada di lokasi kejadian untuk padamkan api. Foto : Humas Polresta Ambon

20 menit berselang, barulah 5 unit mobil Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon tidba di lokasi kejadian bersama personel Polsek Nusaniwe dan langsung bersama-sama memadamkan kobaran api di bantu warga sekitar.

“Penyebab kebakaran diduga akibat kosleting arus listrik karena menurut keterangan saksi (Ice Kakiasina), di dalam kamar tersebut terdapat tempat colokan listrik yang belum terpasang,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS