PLN Kembali Operasikan Anjungan Listrik Mandiri di Pulau Halmahera, Dukung Sektor Perikanan dan Kelautan

oleh
oleh
PT PLN (Persero) mengoperasikan Anjungan Listrik Mandiri atau ALMA. di Pelabuhan Feri Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat, Jumat (13/5/2022). FOTO : PLN

TERASMALUKU.COM,-SOFIFI-PT PLN (Persero) terus mendukung kegiatan ekonomi di sektor perikanan dan kelautan di Provinsi Maluku Utara dengan menyediakan Anjungan Listrik Mandiri atau ALMA.

Salah satunya yakni ALMA yang telah disediakan oleh PLN di Pelabuhan Feri Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat.

“Kini kami telah menghadirkan ALMA guna pemenuhan kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan laut di Halmahera Barat”, ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi, Ridjal Abdul Rasyid, Jumat (13/5/2022).

BACA JUGA : Dua Langkah Strategis PLN Normalkan Sistem Kelistrikan di Pulau Ambon

Kehadiran ALMA, lanjutnya, menjadi harapan baru di sektor perikanan laut bagi masyarakat Maluku Utara khususnya yang berada di dataran Halmahera, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat.

“Terutama aktivitas sektor perikanan laut, sebagai kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, keperluan cold storage serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga Pelabuhan Feri Sidangoli, hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI), ” tambah Ridjal.

Ridjal juga menambahkan, pengoperasian ALMA di Pulau Halmahera pun akan dilanjutkan pada semester dua tahun 2022 di lokasi Pelabuhan Feri Galala, Sofifi.

“Tahun 2022 kami targetkan pengoperasian ALMA sebanyak dua unit, karena volume aktivitas di pelabuhan penyebrangan yang cukup tinggi, sehingga ALMA difokuskan di lokasi Sidangoli dan Galala, Sofifi,” tambah Ridjal.

Sementara itu, dukungan dan apresiasi diberikan Humas PT ASDP Cabang Ternate, Robi. Ia berharap penyediaan ALMA bisa terus ditambah di semua dermaga agar semakin banyak memberi manfaat untuk masyarakat dalam kemudahan mendapat layanan listrik yang handal, khususnya di wilayah kerja PT ASDP Cabang Ternate yang juga meliputi Pulau Halmahera.

“Kami menyambut dengan baik ketersediaan ALMA di dermaga Feri Sidangoli, sebagai program PLN Electrifiying Marine, harapan kami ALMA bisa hadir dan tersedia di seluruh dermaga kami”, ujarnya.

BACA JUGA :  Dirusak Orang, Situs-Situs Sejarah di Banda Naira Maluku Tengah Terancam Punah

Dengan beroperasinya ALMA di Halmahera Barat, saat ini PLN telah menyediakan 17 unit ALMA di berbagai pelabuhan di Maluku dan Maluku Utara.

Di antaranya yaitu 5 unit di Ambon, 4 unit di Maluku Tengah, 3 unit di Ternate, 4 unit di Halmahera Selatan dan 1 unit di Halmahera Barat.

Pembangunan ALMA yang merupakan bagian dari program Electrifying Marine ini lahir sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar customer focus dan innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal. (***)

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

No More Posts Available.

No more pages to load.