Sambangi Lapas Banda, Tim Satopspatnal KemenkumHAM Maluku Sidak Seluruh Area dan Penghuni Lapas

oleh

TERASMALUKU.COM,-BANDA-Sambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Banda di Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Wilayah dibawah komando Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku, Saiful Sahri lakukan inspeksi mendadak (sidak) di seluruh area Lapas termasuk penghuninya.

Sidak ini menjadi agenda rutin Tim Satopspatnal dalam upaya pembinaan monitoring pengawasan dan pengendalian Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Maluku.

Tiba di Banda Neira, Kamis (12/5/2022) malam, Tim langsung melakukan sidak dibantu Petugas Lapas. Seluruh area Lapas berikut penghuninya digeledah.

Hasilnya, sejumlah barang berbahaya disita petugas.

Saiful Sahri selaku Kadivpas Maluku dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa upaya tersebut merupakan bentuk deteksi dini dan cegah dini untuk memastikan kondisi aman dan tertib di Lapas. “Deteksi dan cegah dini harus terus kami lakukan karena potensi gangguan akan selalu ada jika kita tidak diantisipasi sejak awal,” jelas Saiful sembari mengingatkan petugas untuk selalu waspada.

Ia juga menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan para penghuni di setiap kamar hunian. “Jalani masa pembinaan di Lapas dengan ikhlas, ambil hikmahnya dan lakukan hal-hal yang baik, bantu petugas untuk sama-sama menciptakan situasi yang aman dan tertib di Lapas,” imbaunya kepada para penghuni.

Sidak dan penggeledahan oleh Tim Satopspatnal berlangsung aman dan lancar.

Agenda kemudian dilanjutkan pada Jumat (13/5/2022), diawali dengan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dimana Kadivpas Maluku bertindak selaku Inspektur Upacaranya, dilanjutkan dengan penguatan oleh Kadivpas Maluku kepada seluruh jajaran Lapas Banda serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan tusi menggunakan instrumen Standar Intelijen  pemasyarakatan.

Upacara Hardiknas Tahun 2022 di depan Lapas Banda, Jumat (13/5/2022) yng dipimpin lngsung Kdivpas, Saiful Sahri. Foto : Kanwil KumHAM Mluku

Dalam arahannya, Kadivpas menyampaikan pentingnya implementasi 3+1 Pemasyarakatan Maju  yakni deteksi dini, pemberantasan narkoba, sinergitas dan back to basic. “Lakukan deteksi dini di seluruh bidang dan upayakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait baik dengan pemerintah setempat maupun stakeholder lainnya,” tegas Saiful.

BACA JUGA :  Tunggu Izin BPOM dan Halal MUI, Vaksin Belum Dikirim ke Kabupaten

Kadivpas mengingatkan agar seluruh jajaran Lapas Banda terus meningkatkan kualitas layanan pemasyarakatan yang semakin baik, optimalisasi fungsi kehumasan, pemenuhan target kinerja lewat program pembinaan yang terukur, peningkatan kapasitas SDM serta disiplin dan integritas petugas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Banda, Abdul Kadir Sarilan.

Menurut Sarilan, sinergitas antara Lapas Banda dan Pemerintah Kecamatan selama ini berjalan sangat baik.

Hamdani, selaku Kepala Lapas Banda dalam keterangannya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas kunjungan Kadivpas Maluku dan Tim Satopspatnal. “Kami merasa bangga dikunjungi oleh pimpinan kami, terima kasih kepada Bapak Kadivpas dan jajaran atas kunjungan sekaligus memberikan penguatan bagi kami di Banda. Apa yang menjadi instruksi Bapak dan hasil monev tim satopspatnal akan segera kami tindaklanjuti,” ungkapnya.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.