Akhir Mei Genset Kapasitas 20 MW Tiba di Ambon

by

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Pada akhir Mei 2022, mesin genset berkapasitas 20 megawatt akan didatangkan kw Ambon. Genset yang dimaksud merupakan kiriman mesin dari Surabaya dan Makassar untuk menopang distribusi keliatrikan sementara. Kehadiran genset berkapasitas 20 mega Watt tersebut nantinya akan mengisi kekosongan daya yang kurang dari kapal BMPP Nusanatata 1.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Hairul Hatala menyatakan kehadiran genset tersebut diupayakan mengecilkan kemungkinan blackout selama proses pemulihan koneksi sistem kelistrikan.

“Rencanannya akan datang mesin dari Surabaya dan Makassar, akhir bulan ini. Kapasitasnya 20 Mega Watt,” Ujar Hatala dalam keterangan pers.

Bantuan 20 megawatt itu akan menambah kekuatan daya listrik yang dihasilkan dari sejumlah pembangkit.

Saat ini kapasitas listrik dari Ambon Peaker sekitar 34 mega Watt (MW), Poka 17 MW dan PLTD Hative Kecil 4,1 MW. Sedangkan BMPP Nusantara 1 sendiri punya kekuatan daya 60 MW.

BACA JUGA: HUT Kodam XVI/Pattimura Ke 23, Pangdam Pimpin Ziarah di TMP Kapahaha

“Harapannya kalau mesin ini datang bisa bantu untuk daya listrik dengan Ambon Peaker,” Lanjut Hatala.

Meski begitu pihaknya menekankan tidak ada kerusakan sedikitpun di kapal BMPP Nusantara 1. Kondisi saat ini hanyalah mesin dari kapal belum terkoneksi dengan baik dengan jaringan yang ada di darat.

Faktur cuaca ekstrim juga gelombang laut menjadi faktor lain yang menentukan kesykseskan koneksi.
Untuk itu pihaknya tengah mengupayakan sistem kelistrikan berjalan baik sambil menunggu genset menopang sistem yang ada di Ambon.

Penulis: PRISKA BIRAHY

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

BACA JUGA :  Rapim Kodam Pattimura, Gubernur Lemhanas Sampaikan 40 Doktrin TNI Terbaru dan Perang Gerilya

No More Posts Available.

No more pages to load.