Gubernur Maluku Buka Peluang Lantik 4 Penjabat Bupati/Walikota Besok Sore

by
Gubernur Maluku, Murad Ismail.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan besok, Senin (23/5/2022) sore, Penjabat Walikota Ambon dan Penjabat Bupati Buru, Seram Bagian Barat (SBB) serta Kepulauan Tanimbar bisa dilakukan jika Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin tiba di Ambon Senin pagi.

Sebagaimana diketahui, Brigjen TNI Andi Chandra ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendgri) untuk duduki posisi sebagai Penjabat Bupati SBB, sedangkan untuk posisi Penjabat Bupati Buru Djalaludin Salampessy, Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Indey serta Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

Bodewin dalam birokrasi Pemprov Maluku duduki jabatan Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Djalaludin dalam birokrasi Pemprov Maluku duduki jabatan sebagai Kepla Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Maluku dan Daniel dalam birokrasi pemprov maluku duduki kursi jabatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah.

BACA JUGA : Mendagri Tunjuk Bodewin, Djalaludin, Daniel dan Brigjen TNI Andi Chandra jadi Penjabat Kepala Daerah di Maluku, Kapuspen : SK Pelantikan-nya Sudah Diambil Pemda

Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin saat ini masih berada di Palu, Sulawesi Tengah. Ia merupakan Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) Sulteng.

Penunjukan para Penjabat Kepala Daerah untuk Kabupaten Buru, SBB, Kepulauan Tanimbar dan Kota Ambon ini untuk mengisi kekosongan jabatan mengingat terhitung Minggu (22/5/2022) hari ini, masa jabatan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Wakil walikota Ambon, Syarief Hadler, Bupati Buru, Ramly Umasugi dan Wakil Bupati, Amustafa Besan, Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon dan Wakil Bupati, Agustinus Utuwaly serta Bupati SBB, Timothius Akerina.

Dikatakan Gubernur Murad, penyesuaian waktu pelantikan 4 Bupati/Walikota ini kata Gubernur Murad bisa dilakukan karena Mendagri memberikan waktu paling lambat 24 Mei 2022, Penjabat Kepala Daerah yang ditunjuk sudah harus dilantik.

BACA JUGA :  BPJS Kesehatan Ambon - Pemkab MBD   MOU Cakupan Semesta Program JKN-KIS

“Pelantikan paling lambat 24 (Mei), jadi kita dikasi waktu oleh Mendagri dari tanggal 22 sampai 24 (Mei). Jadi kalau yang dari Palu datang, Brigjen Andi itu (Penjabat Bupati) untuk SBB, kalau dia datang (Senin) 23 (Mei) pagi, kita akan laksanakan (Senin) 23 (Mei) sore pelantikan,”kata Gubernur kepada wartawan di Ambon, Minggu (22/5/2022).

Gubernur juga mengaku, awalnya direncanakan pelantikan dilakukan pada Minggu hari bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati/Walikota, tapi karena ingin memberikan kesempatan kepada para pejabat yang ditunjuk Mendagri itu untuk menyiapkan atribut seperti pakaian.

BACA JUGA : Pelantikan Penjabat Bupati/Walikota di Maluku Ditunda, Ini Alasannya

Sehingga paling lambat pelantikan akan dilakukan pada Selasa 24 Mei 2022.

“Kita rencana tanggal 22, sudah ada surat, tapi paling lambat 24, mungkin ada yang belum jahit pakaian”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.