Cakupan Imunisasi Anak di Kota Ambon Rendah

by
Pelaksanaan imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Kota Ambon, Provinsi Maluku. (ANTARA/Penina F Mayaut)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pelayanan imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 baru mencakup 5.714 anak atau 9,9 persen dari total ​​​​​57.496 anak usia sembilan bulan hingga 12 tahun yang menjadi target imunisasi di Kota Ambon, Provinsi Maluku, menurut data Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy di Ambon, Rabu (8/6/2022) memerinci sasaran pelayanan imunisasi selama BIAN 2022 di Kota Ambon terdiri atas 16.608 anak berusia di bawah lima tahun dan 40.888 anak usia lima sampai 12 tahun.

Kementerian Kesehatan mencanangkan BIAN 2022 untuk menutup kesenjangan imunitas pada anak akibat penurunan cakupan imunisasi pada anak semasa pandemi COVID-19.

BIAN meliputi pelaksanaan imunisasi tambahan campak-rubela serta imunisasi kejar OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib. Di Kota Ambon, BIAN dicanangkan pada 28 Mei 2022.

Wendy menjelaskan, pelaksanaan imunisasi selama BIAN ditujukan untuk ​​​​​​melindungi anak-anak dari penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi seperti tuberkulosis, campak, rubella, hepatitis, pertusis, difteri, polio, dan tetanus.

“Tujuan dari imunisasi adalah menurunkan angka kesakitan, kecacatan, dan bahkan kematian,” katanya.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor : Maryati

BACA JUGA :  Perkuat PRB, BPJS Kesehatan Dan Faskes di Ambon Berkomitmen Tingkatkan Mutu Layanan

No More Posts Available.

No more pages to load.