Bawaslu Bursel Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, Ini Syaratnya

oleh
oleh
Ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri (tengah) memberikan keterangan pers di Kantor Bawaslu, Jumat (10/6/2022). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE-Bawaslu Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mulai membuka proses pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, dengan menyediakan Meja Layanan pada Jumat,(10/6/2022) di Kantor Bawaslu Bursel Kota Namrole.

Pendaftaran ini sebagaimana intruksi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI yang telah resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, sekaligus meluncurkan Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 pada hari ini. “Pembukaan pendaftaran ini berlaku dipusat hingga daerah,” kata Ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri kepada wartawan di Kantor Bawaslu, Jumat (10/6/2022).

Alkatiri yang didampingi Komisioner Bawaslu Husen Pune dan Sekretaris Bawaslu Supardi Salamon memastikan, proses pendaftaran ini terbuka kepada semua masyarakat.

“Bagi Pemantau Pemilu yang mau mendaftar, dipersilakan datang ke Kantor Bawaslu Bursel, Jalan Kihajar Dewan Toro Kota Namrole,” jelas Umar Alkatiri.

Umar Alkatiri menuturkan, berdasarkan Pasal 435 – 447 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pemantau Pemilu harus memenuhi syarat untuk bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas dan teregistrasi serta memperoleh izin dari Bawaslu.

Menurut Umar Alkatiri, Bawaslu Bursel saat ini siap memfasilitasi siapa pun yang ingin memantau pemilu agar bergabung dengan lembaga pemantau pemilu yang berbadan hukum, sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu tersebut.

Dia mengatakan pengawasan tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Bursel berkomitmen meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu mendatang.

Karena itu, Umar Alkatiri berharap Pengawasan partisipatif Pemilu oleh lembaga Pemantau Pemilu mampu mewujudkan pemilu yang berintegritas, tepercaya dan dapat menjadi indikator sehatnya iklim demokrasi dalam suatu daerah nantinya.

Liputan : Taufik Tuanaya

Editor : Hamdi

BACA JUGA :  Pesan Wagub Saat Buka Sidang Majelis Daerah Gereja Bethel Indonesia II

No More Posts Available.

No more pages to load.