Penjabat Wali Kota Ambon Lepas Keberangkatan Jamaah Calon Haji, Tiga Orang Gagal Berangkat

oleh
oleh
Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyerahkan uang saku kepada perwakilan Jamaah Calon Haji asal Kota Ambon saat pelepasan Sabtu (18/6/2022). FOTO : TABEA AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena melepas Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Ambon untuk menunaikan ibadah Haji ke tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Pelepasan CJH yang berjumlah 162 orang dilakukan Sabtu (18/6/2022) di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, kawasan Tantui Kota Ambon.

BACA JUGA : Belum Lunasi Biaya Haji, Tiga Calon Haji Kota Ambon Batal Berangkat

Bodewin mengatakan, sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Haji dan Umrah, maka penyelenggaraan Ibadah Haji merupakan tugas nasional yang menjadi tanggungjawab pemerintah secara berjenjang hingga tingkat daerah dibawah koordinasi Kemenag.

“Oleh sebab itu dalam pelaksanaannya dibutuhkan jaminan atas pelayanan, pembinaan, dan perlindungan yang baik agar setiap CJH dapat menjalankannya dengan tertib, aman, dan nyaman. Hal inilah yang yang menjadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon turut memiliki tanggungjawab bersama untuk memastikan penyelenggaraan ibadah Haji dapat terlaksana dan terlayani secara baik,” ungkapnya.

Bodewin Wattimena mengatakan, dalam rangkaian fasilitasi penyelenggaraan ibadah Haji Kota Ambon tahun 2022, Pemkot melalui koordinasi bersama Kemenag Kota Ambon berpartispasi memberikan dukungan meliputi pelaksanaan manasik  Haji, pelayanan kesehatan, vaksinasi, akomodasi dan konsumsi di Asrama Haji, pendampingan CJH pada proses embarkasi dan debarkasi serta pemberian uang saku.

“Saya berharap fasilitas dan dukungan pemkot yang diberikan kepada CJH Kota Ambon tidak dilihat dari besar atau kecilnya, namun sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemkot bagi warganya yang menjadi tamu – tamu Allah SWT, di tanah suci,” terang Wattimena.

Pada pelepasan ini, Penjabat Wali Kota juga menyerahkan bantuan tersebut diantaranya berupa uang saku

Kepada CJH Penjabat mengingatkan bahwa ibadah Haji terdiri dari serangkaian ibadah tertentu yang wajib dilaksanakan sesuai ketentuan syariat Islam. Untuk itu semua CJH Kota Ambon dihimbau untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, dengan mengatur pola makan, minum dan istirahat yang cukup.

BACA JUGA :  Ini Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Vietnam Selasa Malam

“Demikian juga dengan budaya tolong-menolong dan saling menjaga di tanah suci, saya harapkan CJH Kota Ambon dapat menjadi panutan dan teladan yang baik diantara sesama jamaah dan mewujudkan Ukuwah Islamiyah, mempererat tali persaudaraan, saling peduli, dan mengikuti segala ketentuan dan tata tertib dalam penyelenggaraan ibadah Haji,” tandasnya.

Kuota CJH Kota Ambon yang berjumlah 165 orang, namun tiga orang diantaranya gagal menunaikan ibadah haji tahun ini, karena belum melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Kouta mereka diisi oleh CJH dari kabupaten/kota lain di Maluku (MCAMBON/HAMDI)

No More Posts Available.

No more pages to load.