Gubernur Murad Lepas 496 Jemaah Calon Haji Maluku Musim Haji 1443 Hijriah

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku, Murad Ismail lepas 496 Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku yang akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah dan Madinah di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji musim haji 1443 Hijriah/2022.

Pelepasan dilangsungkan di Asrama Haji Waiheru Ambon, Kamis (23/6/2022).

 

Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku. Foto : terasmaluku.com

Ratusan JCH Maluku ini akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi Jumat 24 Juni besok dari Ambon melalui Embarkasi Haji Makassar.

Sebagaimana diketahui, sempat dihentikan pelaksanaannya selama 2 tahun atau dua musim haji akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Arab Saudi tahun ini membuka kembali pelaksaan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima.

Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan ibadah haji merupakan perjalanan istimewa yang spiritual dan miliki syarat makna yang hakiki.

Sehingga kata dia mengingatkan agar JCH gunakan waktu selama di tanah suci untuk beribadah agar meraih ridha dan rahmat dari Allah dan jadi haji mabrur dan mabrurah yang didasari niat yang ikhlas karena Allah SWT.

Gubernur Maluku, Murad Ismail saat berikan sambutan pada pelepasan 496 JCH Provinsi Maluku di Asrama Haji Waiheru, Kota Ambon, Kamis (23/6/2022). Foto: terasmaluku.com

“Kami senantiasa mendoakan agar bapak ibu diberikan kesehatan lahir batin selama menjalankan ibadah haji. Bapak ibu ke tanah suci tunaikan rukun Islam kelima, maka gunakan waktu untuk beribadah,”pesannya.

Gubernur juga berpesan agar para JCH Maluku selalu menjaga kesehatan agar bisa menunaikan ibadah haji dengan baik selama di tanah suci.

Tidak hanya itu saja, sebagai duta bangsa, JCH Maluku juga diminta
menjunjung tinggi martabat bangsa selama di tanah suci. “Tunjukan kepribadian sebagai umat Islam warga negara Indonesia yagn berdasarkan Pancasila,”tandasnya.

Kepada penyelenggara, Gubernur juga berpesan agar meningkatkan pelayanan kepada para JCH.

maka harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan kepada jemaah sehingga memberikan pelayanan kepada jamaah.

Saya minta kepada petugas haji, pemandu pembimbing, tim kesehatan maupun panitia penyelenggara haji, lakukan tugas saudara-saudara dengan serius dan sepenuh hati sesuai dengan amanah dan tanggungjawab yang diberikan,”ingatnya.

BACA JUGA :  Pangdam bersama Ibu Persit Serahkan Bantuan Kemanusiaan ke Pengungsi Kariu

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Maluku, Yamin mengatakan semua JCH Maluku yang akan diberangkatkan ini sudah lakukan pelunasan.

Yamin juga berpesan agar para JCH untuk jaga kesehatan terutama jelang puncak Haji Wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina, utamakan ibadah wajib selama di tanah suci serta patuhi aturan-aturan yang ditetapkan baik oleh pemerintah Indonesia maupun Arab Saudi.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.