DPRD Maluku Minta Kepala Daerah Dukung Pembentukan DOB

by
Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Maluku, Mumin Refra

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi I DPRD Maluku mengharapkan setiap kepala daerah bisa mendukung percepatan proses perjuangan pembentukan calon Daerah Otonom Baru (DOB) pada beberapa daerah di Maluku.

“Perlu diingat kalau DOB merupakan salah satu solusi dari negara untuk mengatasi masalah kemiskinan penduduk di Indonesia, apalagi Maluku merupakan provinsi termiskin nomor empat,” kata anggota komisi I DPRD Maluku, Mumin Refra di Ambon, Sabtu (25/6/2022).

Menurut dia, kepala daerah seharusnya lebih bersikap proaktif dalam arti tidak menghalang-halangi proses pemekaran yang diperjuangkan.

Dukungan kepala daerah bisa diujudkan melalui penyiapan anggaran dalam APBD, lanjutnya, sehingga tim perjuangan pemekaran calon DOB yang sudah terbentuk di masing-masing daerah dapat berjuang maksimal.

Selain itu, perlu ada regulasi kebijakan total terkait dengan kebijakan kemiskinan ekstrem yang telah divonis negara terhadap provinsi ini.

“Kemudian negara juga diharapkan segera mewujudkan kebijakan politik untuk merealisasikan DOB di Maluku dengan cara mencabut moratorium,” tandas Muimin.

Kecamatan Seram Utara, Saparua dan Lease, Banda, dan Kecamatan Leihitu, misalnya yang menginginkan untuk segera dimekarkan menjadi DOB untuk lepas dari Maluku Tengah selaku kabupaten induk sejak lama diperjuangkan namun belum terealisasi.

Sama halnya dengan Kei Besar, dan Tanimbar Utara hingga Kepulauan Aru bagian Utara.

“Tentu ini salah satu urgensi kepentingan masyarakat sehingga DPRD bersama pemprov dapat bersinergi meyakinkan pemerintah pusat, agar segera merealisasikan pemekaran DOB,” tegasnya.

Pewarta : Daniel Leonard
Editor : Febrianto Budi Anggoro

BACA JUGA :  Parkir Liar Dominasi Anggota Polisi, Dishub Ancam Gembos Ban Jalan Pattimura

No More Posts Available.

No more pages to load.