Kapolda Maluku Makan Semeja Dengan Siswa Bintara Polri, Begini Pesannya

oleh
oleh
Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif makan siang bersama siswa Bintara Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Passo Ambon, Selasa (28/6/2022). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengunjungi Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku di kawasan Passo, Kota Ambon, Selasa (28/6/2022) siang.

Kedatangan Kapolda di SPN Passo disambut langsung oleh Kepala SPN Polda Maluku, Kombes Pol Daniel Prio Dwi Atmoko. Kapolda didampingi sejumlah pejabat teras Polda Maluku.

Dalam kunjungan ini, Kapolda menyapa sebanyak 150 Siswa Diktuk Bintara Polri Tahun 2022. Secara sederhana, Kapolda juga makan siang bersama semeja dengan siswa Bintara Polri, dengan ompreng dan makanan yang sama.

Para siswa ini baru saja mengikuti Latihan Kerja (Latja) di Polres Seram Bagian Barat (SBB) dan Polres Maluku Tengah.

Kapolda saat bertatap muka dengan ratusan siswa Diktuk Bintara Polri, menekankan beberapa pesan. Diantaranya setiap siswa diminta harus peka dan tanggap mengikuti perkembangan zaman.

“150 siswa ini harus peka dan tanggap dalam mengikuti perkembangan yang ada karena semua hal yang besar berasal dari hal kecil,” kata Kapolda dalam siaran pers Humas Polda Maluku.

Para siswa yang akan dilantik tersebut diminta peka dan tanggap oleh Kapolda karena tantangan tugas ke depan semakin sulit.

“Kalian adalah Bintara Polri yang menjadi garda terdepan pelaksana tugas dari program-program Polri,” ingatnya.

Pada tanggal 7 Juli 2022 mendatang, ratusan siswa tersebut akan dilantik menjadi anggota Polri. Kapolda kembali mengingatkan bahwa pelantikan nanti bukan langkah akhir tetapi awal dari pengabdian sebagai anggota Polri.

“Kalian harus mengingat lagi usaha, perjuangan, pengorbanan kalian dan keluarga. Keluarga kalian pun mengharapkan yang terbaik bagi kalian. Apabila kalian melakukan pelanggaran yang fatal, Saya tidak segan untuk mengeluarkan kalian yang melanggar dari pendidikan,” tegasnya.

Kapolda meminta kepada siswa Diktuk Bintara Polri agar kelak memasuki masa penugasan, maka langkah awal pengabdian kalian sebagai anggota Polri harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA :  Tim Evaluator Kemendagri Apresiasi Kinerja 10 Bulan Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena

“Jadilah anggota Polri yang humanis, bukan anarkis. Jadilah anggota Polri yang protagonis, bukan antagonis,” pesan Kapolda.

Sesuai atensi Kapolri, Kapolda kembali mengingatkan, setiap anggota Polri jangan sampai terlibat dalam peredaran narkoba, baik sebagai pemakai maupun pengedar.

“Siswa Diktuk Bintara Polri harus mengingat perjuangan dan mensyukuri berkah yang telah kalian terima menjadi anggota Polri,” ujarnya.

Kapolda mengaku, kehadirannya sebanyak dua kali di SPN Polda Maluku, hanya semata-mata untuk menyiapkan, menguatkan dan meneguhkan mental siswa, masuk ke masa penugasan atau pengabdian sebagai anggota Polri.

“Kepada tenaga pendidik dan staf, terima kasih atas proses pendidikan yang telah dilaksanakan,” kata Kapolda.

Kepada siswa Diktuk Bintara Polri, Kapolda menekankan untuk tidak menyerah dan jangan cengeng apabila di tempat tugaskan pada daerah kewilayahan.

“Sebagai anggota Polri sudah siap ditempatkan dimanapun. Ingatlah, banyak anak muda yang ingin menjadi anggota Polri, tetapi kalian yang terpilih. Ikuti peraturan yang berlaku dan jangan melakukan pelanggaran, sehingga kalian dapat dilantik dan mengabdi menjadi anggota Polri,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala SPN Polda Maluku Daniel Prio dalam laporannya mengaku sebanyak 150 Siswa Diktuk Bintara Polri Tahun Anggaran 2022 ini telah selesai melaksanakan Latja di Polres Seram Bagian Barat dan Polres Maluku Tengah.

“Siswa Diktuk Bintara Polri Tahun Anggaran 2022 sebanyak 150 siswa ini akan dilantik pada tanggal 7 Juli 2022,” ungkapnya.

Editor : Hamdi

No More Posts Available.

No more pages to load.