Delapan Hari Terdampar di Pulau Mai, Kru KM. Rizki Mulia Akhirnya Dievakuasi ke Ambon

by
Delapan orang kru KM. Riski Mulia yang berhasil selamat saat dievakuasi ke Ambon oleh Tim SAR Gabungan Jumat (1/7/2022) gunaka KN. SAR Abimanyu. Foto : Humas Basarnas Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Setelah terdampar delapan hari lamanya di Pulau Mai, Kepulauan Lucipara, Kabupaten Maluku Tengah akibat kapal tenggelam, 8 orang kru KM. Rizki Mulia akhirnya berhasil dievakuasi ke Ambon, Jumat (1/7/2022).

BACA JUGA : Dihantam Gelombang Tinggi Laut Banda, Kapal Bermuatan Gaharu Tenggelam, Kru Kapal Selamat

Delapan orang kru KM. Rizki Mulia ini berhasil selamat dan terdampar ke Pulau tersebut pada 23 Juni 2022 lalu setelah sebelumnya kapal bermuatan Gaharu Kemendangan yang tengah berlayar menuju Probolinggo itu sempat terombang-ambing di lautan selama empat hari akibat patah kemudi usai kapal dihantam gelombang tinggi di Laut Banda pada 19 Juni 2022 setelah bertolak dari Ambon pada 18 Juni 2022.

Mereka kemudian ditemukan petugas penjaga Mercusuar di Pulau tersebut sebelum akhirnya dievakuasi Tim SAR Gabungan gunakan KN. SAR Abimanyu ke Ambon Jumat sore.

Kepala Basarnas Ambon, Mustari menjelaskan, untuk bisa mencapai Pulau Mai, lokasi terdamparnya 8 kru KM. Rizki Mulia yang selamat ini, KN. SAR Abimanyu bersama 23 orang personel Tim SAR Gabungan harus menempuh perjalanan arungi lautan 6 jam.

KN. SAR Abimanyu bertolak dari Dermaga LIPI Ambon Jumat pagi pukul 07:00 WIT dan tiba di Pulau Mai pukul 12:40 WIT. Ini merupakan hari kedua Operasi SAR.

Delapan orang korban selamat insiden kapal tenggelam saat tengah duduk di geladak KN. SAR Abimanyu ketika dalam perjalanan ke Ambon, Jumat (1/7/2022) usai dievakuasi dari Pulau Mai, Kepulauan Lucipara, Malteng

“Selanjutnya, seluruh korban berhasil dievakuasi ke atas KN SAR Abimanyu pada pukul 13.20 WIT dan dibawa menuju Kota Ambon guna mendapatkan perawatan lebih lanjut,”ungkapnya Jumat malam.

Korban selamat insiden kecelakaan laut itu akhirnya tiba di Dermaga LIPI Ambon Jumat petang pukul 18.30 WIT.

“Selanjutnya seluruh korban diserahkan kepada pihak Perusahaan untuk dibawa menuju Rumah Sakit terdekat guna mendapatkan perawatan,”sambungnya.

Ops SAR pun ditutup pasca seluruh korban selamat berhasil dievakuasi ke Ambon.

BACA JUGA :  IBI SBB Siap Sukseskan Visi Misi Pemda

Data korban selamat :
La Deni 37 – Nahkoda
Mahudi 31 – KKM
Askari 25 – ABK
Yuskar 25 – ABK
Usman 32 – ABK
Sulaiman 50 – ABK
Ode Yasmin 25 – ABK
Yusri 23 – ABK

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.