Status Tanggap Darurat Lokasi Terdampak Bencana Banjir dan Longsor di MBD, Besok Bantuan Pangan Didistribusikan

by
Bencana longsor melanda Desa Wulur, Kecamatan Damer Kabupaten Maluku Barat Daya, Rabu (29/6/2022). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bantuan pangan bagi pengungsi bencana alam tanah longsor di Desa Wulur, Kecamatan Damer, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) akan didistribusikan pihak Pemda setempat Sabtu (2/6/2022) besok.

BACA JUGA : Puluhan Rumah Rusak, 386 Warga Wulur MBD Mengungsi Akibat Longsor

Bantuan pangan ini menjadi kebutuhan paling mendesak yabg diminta pengungsi akibat stok pangan atau bahan makanan ikut rusak akibat kejadian bencana alam yang terjadi Rabu (29/6/2022) beberapa hari lalu.

BACA JUGA : Pengungsi Korban Bencana Longsor di Wulur MBD Minta Bantuan Stok Bahan Makanan

“Bantuan pangan, rencananya besok dgn KM. Sabuk Nusantara 104,”kata Plt Kepala BPBD MBD, Dalma Eoh saat dikonfirmasi terasmaluku.com via seluler dari Ambon, Jumat (1/7/2022).

Data terakhir yang diterima BPBD MBD, terdapat 410 jiwa dari 98 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak kejadian bencana alam itu.

“Hasil rilis terakhir dari laporan yg masuk kemarin di Desa Wulur, jumlah warga terdampak 410 jiwa atau 98 KK,”sambungnya.

Namun data kerusakan infrastruktur belum bisa dipastikan. “Data kerusakan di Desa Wulur belum dilaporkan,”sambungnya.

Selain longsor di Wulur, akibat hujan deras Rabu, bencana alam banjir juga terjadi wilayah Desa Jerusu dan Dusun Rumkuda, Kecamatan Romang.

Data sementara kerusakan akibat banjir di Desa Jerusu kata Dalma yakni 3 rumah rusak berat 4 unit, 3 unit rumah hanyut, 2 unit gudang rusak serta kerusakan talud pantai pada 2 lokasi dan juga rusaki 3 buah play deker.

Dan di Kecamatan Babar Timur yang juga dilanda banjir akibatkan akses jalan yang menghubungka ibukota kecamatan dengan desa-desa setempat rusak.

“Data ini bisa bersifat sementara, sambil menunggu laporan final di tingkat lapangan,”ujarnya.

Atas bencana alam banjir dan longsor yang terjadi Rabu itu, Pemerintah Kabupaten MBD melalui Bupati Benjamin Thomas Noach telah menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana di tiga kecamatan tersebut hingga 14 hari kedepan terhitung mulai 30 Juni 2022 hingga 13 Juli 2022 berdasarkan Keputusan Bupati MBD Nomor 362-209 Tahun 2022.

BACA JUGA :  Gubernur Maluku Dan Tokoh Agama Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.