Idul Adha 1443 Hijriah, Pemprov Maluku Salurkan 157 Ekor Hewan Kurban, Ini Pesan Gubernur

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi Maluku salurkan 157 ekor hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi.

BACA JUGA : Hewan Kurban dari Presiden Jokowi Untuk Maluku Satu Ekor Sapi Jenis Ongole Bobot 850 Kg

Rinciannya, satu ekor sapi jenis Limosin berbobot 800 Kilogram (kg) atas nama Gubernur Maluku, 105 ekor sapi lokal berbobot 90 hingga 100 kg serta 51 ekor kambing.

Ratusan ekor hewan kurban dari Pemprov Maluku ini akan dibagikan ke Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Buru Selatan serta Seram Bagian Barat (SBB).

Secara simbolis, penyaluran ratusan hewan kurban ini dilakukan langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail dari Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Kamis (7/7/2022) yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis hewan kurban satu ekor sap jenis peranakan Ongole berbobot 850 Kg dari Presiden Jokowi kepada penerima yang dirangkai juga dengan penyaluran hewan kurban dari Pemerintah Kota Ambon.

Untuk hewan kurban dari Pemkot Ambon totalnya berjumlah 60 ekor yang terdiri dari 30 ekor sapi dan 30 ekor kambing.

Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam kesempatan tersebut mengatakan hakikat penyembelihan hewan kurban saat hari Idul Adha adalah untuk mengenang suatu peristiwa iman yang terjadi pada diri Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail Alaihissalam.

Ibadah qurban tidak hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan konsumsi tetapi, kata Gubernur melanjutkan, lebih dari itu mengandung hikmah dan makna yang besar dalam kehidupan kita sebagai manusia.

Maka dari itu, lanjut Gubernur, umat Islam diharapkan dapat mengikuti jejak Nabi Ibrahim dan putranya Ismail yang dengan penuh keikhlasan lahir batin mampu mengorbankan sesuatu yang sangat dicintainya untuk memenuhi perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

BACA JUGA :  Sukses Indra Sjafri yang terulang di Phnom Penh, Kamboja

“Jadilah sosok Nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tuanya,”tuturnya saat berikan sambutan.

Selain itu, Gubernur juga menganjurkan kepada umat Islam yang telah mempunyai kesanggupan untuk menyembelih hewan kurban hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus serta ikhlas sebagai sarana untuk membersihkan dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Masih kat Gubernur, penyembelihan hewan kurban di samping menunaikan syariat agama Islam juga memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir dan miskin. “Hal tersebut merupakan salah satu upaya kita untuk menghilangkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin sehingga keduanya diharapkan bisa hidup berdampingan saling tolong-menolong dengan penuh kedamaian,”ujarnya.

Diharapkannya juga, bantuan hewan kurban dari Pemprov Maluku maupun Pemkot Ambon itu dapat disalurkan kepada mereka yang layak menerimanya.

“Semoga dengan momen berkorban ini kita semua dapat menjadi muslim muslimat yang memiliki kualitas keikhlasan yang lebih baik dalam menjalankan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala,”tandasnya.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.