Banjir dan Longsor Kembali Terjadi di Ambon, Satu Orang Warga Dikabarkan Tertimbun Longsor

oleh
Rumah warga di Stain RT/RW:005/019 kawasan Stain, Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon tertimbun longsor, Jumat (8/7/2022). Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bencana alam banjir dan longsor kembali melanda Kota Ambon, Jumat (8/7/2022) akibat diguyur hujan lebat seharian. Satu orang warga dikabarkan tertimbun tanah longsor.

Dari informasi yang dihimpun, satu orang warga tertimbun tanah longsor ini merupakan warga di kawasan RT/RW: 005/019, Stain, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau. Belum diketahui identitas korban.

Terkait hal ini, Kepala BPBD Kota Ambon, Demy Paays mengaku masih lakukan pengecekan di lapangan untuk memastikan. “Tim sementara menuju lokasi untuk lakukan pengecekan,”kata Paays dikonfirmasi via seluler Jumat malam.

Namun dipastikan Paays, akibat hujan lebat seharian ini, sejumlah lokasi di Ambon alami bencana alam banjir dan longsor.

Sesuai data Pusdalops BPBD Kota Ambon, hingga Jumat sore, longsor terjadi di 13 titik lokasi di Ambo hingga akibatkan 13 rumah rusak.

banir di kawasan Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Jumat (8/7/2022). Foto : tangkapan layar

Sementara banjir terjadi di 7 titik lokasi dengan ketinggian air 50 hingga 80 centimeter atau batas pinggan orang dewasa yang akibatkan 715 rumah terendam.

“Data Pusdalops, banjir 7 titik lokasi, longsor 13 titik lokasi dan pohon tumbang 1 titik lokasi,”ungkapnya.

Sesuai data Pusdalops itu, dapat rincikan, longsor terjadi di dua titik lokasi di Batu Merah, 4 titik lokasi di Batu Meja, satu titik lokasi di Karang Panjang, dua titik lokasi di Batu Gajah, Kecamatan Sirimau dan satu titik lokasi di Halong Baru, Kecamatan Baguala.

Kemudian patahnya dinding pagar beton menimpa rumah warga di Kelurahan Amantelu.

Untuk lokasi banjir meliputi di depan ACC, Passo, di Negeri Lama, Negeri Passo, Kecamatan Baguala, di Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon, Hative Kecil dan Batu Merah, Kecamatan Sirimau dan RT001/RW001 Desa Hunuth, Kec. Teluk Ambon serta pohon tumbang di kawasan Halong, Kecamatan Baguala dan pohon tumbang menimpa gedung SD Inpres 42 Ambon di Amahusu, Kecamatan Nusaniwe hingga akibatkan atap ruang kelas rusak.

BACA JUGA :  Putus Mata Rantai Covid-19, Kejaksaan Kawal Sidang Online

Juga patahnya talud penahan badan sungai di Desa Hunuth/Durian Patah RT/RW:002/002 kawasan Durian Patah, Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.