Kabid Dokkes dan Sejumlah Kapolres Disertijab, AKBP Dax Manuputty Pimpin Polres Malteng Gantikan Abdul Ghafur

by
Foto : Humas Polda Maluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabid Dokkes Polda Maluku, Kapolres Kepulauan Aru, Kapolres Maluku Barat Daya, Kapolres Seram Bagian Timur, dan Kapolres Tual, serta pelantikan Kapolres Maluku Tengah yang dilangsungkan di Mapolda Maluku di Tantui, Kota Ambon, Selasa (12/7/2022).

Kombes Pol dr. Aris Sukarno., Sp. OG kini resmi menjabat sebagai Kabid Dokkes Polda Maluku.

Sementara AKBP Dax E. S. Manuputty kini resmi pimpin Polres Maluku Tengah. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tual ini gantikan posisi AKBP Abdul Ghafur yang telah dicopot dari kursi jabatan sebagai orang nomor satu di Polres Malteng terhitung sejak 4 Juni 2022 lalu setelah sebelumnya Abdul GHafur menjalani sidang kode etik di Polda Maluku.

BACA JUGA : Resmi Dicopot, Kapolda Maluku Ambil Alih Jabatan Kapolres Malteng

Sidang tersebut menyusul laporan istrinya ke Propam Polda Maluku karena sang suami berfoto mesra dengan seorang oknum Polwan. Hasil sidang kode etik, AKBP Abdul Ghafur dimutasi ke luar Polda Maluku. Ia dinilai melakukan tindakan tercela serta tidak pantas sebagai seorang pimpinan Polres sehingga jabatan Kapolres Malteng diserahkan ke Kapolda Maluku.

Untuk posisi jabatan Kapolres Tual yang ditinggal AKBP Dax, kini diisi oleh AKBP Prayudha Widiatmoko.

Sementara AKBP Dwi Bachtiar Rifai yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Maluku Barat Daya (MBD), kini resmi menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Aru. Dan AKBP Pulung Wietono didapuk sebagai Kapolres MBD.

Sedangkan Kapolres Seram Bagian Timur (SBT) kini resmi dijabat AKBP Agus Joko Nugroho gantikan AKBP Andre Sukendar yang kini menjabat sebagai Kabagda Rolog Polda Maluku.

Kapolda Maluku dalam sambutannya mengungkapkan, sertijab dalam sebuah organisasi merupakan proses pelaksanaan kebijakan pimpinan untuk pembinaan karir bagi personel melalui suatu sistem “tour of duty dan tour of area”.

BACA JUGA :  INI TARIF Parkir Terbaru di Lima Kawasan Kota Ambon
Kapolda Maluku, Irjen Pol. Lotharia Latif saat pimpin Upacara Sertijab Kabid Dokkes dan lima Kapolres jajaran di Mapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Selasa (12/7/2022). Foto : Humas Polda Maluku

“Saya harapkan pimpinan yang dilantik hari ini pimpinan yang mampu mengemban dan menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik baiknya dengan menjabarkan waktu disiplin dedikasi dan prestasi,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda menekankan beberapa hal agar dapat dilaksanakan jajarannya yaitu menindak lanjuti dan melaksanakan program Presisi Kapolri di bidang pembinaan dan operasional.

Ia juga meminta untuk melaksanakan pembinaan kekuatan dan menyiapkan penggunaan kekuatan untuk menghadapi agenda nasional yaitu tahapan Pemilu, menjaga kamtibmas dan melaksanakan penegakan hukum.

“Laksanakan pengawasan pengendalian Wasdal dan waskat anggota hindarkan anggota dari perbuatan tercela baik itu disiplin atau pidana,” ungkapnya.

Kepada jajarannya, Kapolda juga meminta untuk tetap siaga dan melakukan pengendalian pandemi covid-19, khususnya menghadapi varian baru BA.4 dan BA.5. Caranya adalah dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan dan meningkatkan capaian vaksinasi booster sesuai arahan Presiden RI.

“Tingkatkan sinergitas dan soliditas dengan TNI dan Instansi terkait dalam menghadapi setiap permasalahan di lapangan,” pintanya.

Hadir dalam kegiatan itu yakni Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs Jan de Fretes, M.M, Irwasda Maluku, para pejabat utama Polda Maluku, serta Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. Turut hadir Ketua Bhayangkari Daerah Maluku dan pengurus serta para Ketua Cabang Bhayangkari Polres Jajaran.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.