Puluhan Rumah Terendam Banjir, Longsor Timpa Tiga Unit Rumah Warga di Kecamatan Leihitu

by
Rumh warga di Negeri Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah terendam banjir Senin (11/7/2022). Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puluhan rumah warga dan sebuah musala di Negeri Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon terendam banjir saat hujan deras yang mengguyur pada Senin (11/7/2022). Sementara di Negeri Lima, tanah longsor hantam tiga unit rumah warga.

Camat Leihitu, Amin Sopaliu yang dikonfirmasi Selasa (12/7/2022) mengatakan, kurang lebih ada 35 unit rumah warga serta satu unit musala di Kaitetu terendam banjir Senin siang kemarin saat hujan lebat.

Lokasi banjir ini berda di sekitaran jalan provinsi yang amblas pekan kemarin. “Ada sekitar 35 (unit rumah warga) yang terendam,”kata Amin via seluler Selasa.

Akibatnya, puluhan Kepala Keluarga (KK) penghuni rumah terpaksa harus mengungsi. Dipastiknnya tidak ada rumah yang alami kerusakan parah. Warga yang mengungsi juga sudah mulai kembali ke rumah dan lakukan pembersihan sejak air surut.

Sementara di Negeri Lima, kata Amin, tiga unit rumah warga tertimpa longsor hingga akibatkan rumah rusak parah.

Dipastikannya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam ini

“Kalau di Negeri Lima ada tiga rumah tertimpa longsor, rusak parah, tapi tidak ada korban jiwa. Memang dari awal sudah ada tanda-tanda (akan longsor), tapi kejadian baru Senin kemarin,”tuturnya.

BPBD Kabupaten Malteng kata Amin, tengah meninjau lokasi-lokasi terdampak bencana.

Sementara menyinggung jalan amblas di Kaitetu dan Wakal, kata Amin, warga sudah membuat jembatan darurat sehingga akses transportasi sudah kembali normal.

BACA JUGA : Ruas Jalan Provinsi di Kaitetu Malteng Amblas, Akses Transportasi Putus Total

“Warga sudah buat jembatan darurat, Wakal juga, sudah dibuat jembatan darurat.
Aktivitas transportasi sudah lancar,”ungkapnya.

Sedangkan untuk pembersihan material longsoran tanah yang tutupi badan jalan di sejumlah titik pada jalur jalan Morela ke Liang, Kecamatan Salahutu, kata Amin, akan dibersihkan tim Dinas PUPR Provinsi mengingat ruas jalan tersebut adalah ruas jalan provinsi.

BACA JUGA :  Pisah Sambut Pangdam XVI/Pattimura, Ini Harapan Gubernur Maluku

BACA JUGA : Longsor di Sejumlah Titik Lokasi Hingga Tutupi Badan Jalan, Akses Transportasi Morela-Liang Putus Total

“Kemarin-kemarin ketika saya sampaikan ke kabupten, rencana Badan Bencana kasi tahu Dinas PU Provinsi supaya mereka kasi bersih di Kota Madya sekaligus sekitaran Pulau Ambon termasuk yang di Morela,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.