Cuaca Buruk, KM Cantik Lestari 99 Tunda Pelayaran ke Geser-Gorom

oleh
oleh
Cuaca Buruk, KM Cantik Lestari 99 tunda keberangkatannya dan kini berada di Pelabuhan Bula, Sabtu (16/7/2022). FOTO : Sofyan

TERASMALUKU.COM,-BULA-Akibat cuaca buruk di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, KM Cantik Lestari 99, akhirnya tunda keberangkatan menuju pelabuhan Geser, Gorom dan Kesuy. Kapal kini lego jangkar di Pelabuhan Bula Kabupaten SBT.

Kepala Syahbandar Bula, Radak Kelrey mengatakan, hingga Sabtu (16/7/2022), ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter. Sementara angin lebih dari 20 Knot.

“Kapal akan diberangkatkan menuju pelabuhan Geser, Gorom, Kesuy, apabila kondisi laut sudah membaik,” ucap Radak kepada Terasmaluku.com di atas kapal, Sabtu (16/7/2022).

Menurut Radak, KM Cantik Lestari 99 ditahan bukan atas kemauan pribadinya. Pihaknya sudah mendapat warning langsung dari Kementerian Perhubungan dan BMKG atas cuaca buruk dengan gelombang tinggi di perairan SBT.

“Apa yang menjadi warning kita selaku Syahbandar harus mengikuti itu. Saya tidak bisa mengambil langkah,” katanya.

Katanya, selaku pimpinan dirinya bekerja sesuai aturan. Untuk itu dia menghimbau agar puluhan penumpang kapal bisa memaklumi kondisi cuaca tersebut.

“Selaku pimpinan saya bekerja mengikuti aturan. Para penumpang itu juga pun memaklumi bahwa itu memang kondisi cuaca,” katanya.

Putra asal Kecamatan Tutuk Tolo, Kabupaten SBT ini mengatakan, jika kondisi angin dan gelombang sudah turun, maka Kapal KM Cantik Lestari 99 siap diberangkatkan.

“Yang jelas kapal belum bisa diberangkatkan, karena jika terjadi musibah di laut dirinya yang bertanggung jawab,” tegasnya.

Sementara Kep CM Cantika Lestari 99, Ishak Suwalete menyampaikan, dirinya belum bisa mengambil langkah untuk barangkat. Sebelum mendapatkan perintah dari Kepala Syahbandar.

“Sementara beta (saya) menunggu kalau Kepala Syahbandar menginjakkan, saya akan berangkat,” kata Ishak.

Liputan : Sofyan

BACA JUGA :  Agrowisata Pulau Buru, Tawarkan Buah Naga Manis

No More Posts Available.

No more pages to load.