Pemkot Ambon Akhirnya Bayar Utang Pihak Ketiga Rp 77 Miliar

by
Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena saat Talkshow, Ngobrol Bareng Terasmaluku.com di Kantor Terasmaluku.com, Selasa (31/5/2022). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, menyatakan telah melakukan pembayaran utang pihak ketiga sebesar Rp77 miliar dari total sebesar Rp103 miliar.

“Sampai hari ini sebagian utang pihak ketiga telah dibayarkan sebesar Rp77 miliar, tersisa Rp26 miliar yang akan diselesaikan hingga akhir tahun 2022, Kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, Pemkot berupaya memenuhi kewajiban untuk membayar utang pihak ketiga yang belum dilunasi tahun 2021 total sebesar Rp103 miliar.

Pihaknya telah  melakukan langkah koordinasi dengan DPRD dan lembaga terkait lainnya, dalam rangka mengidentifikasi permasalahan, sekaligus upaya penyelesaiannya.

“Hutang pihak ketiga menjadi atensi DPRD kota Ambon kepada Pemkot Ambon, bahkan hal ini juga dititipkan kepada saya, oleh lembaga yang terhormat melalui anggota DPRD sebelum saya dilantik sebagai Penjabat Wali Kota,” katanya.

Dijelaskannya, upaya membayar hutang pihaknya menempuh kebijakan refocussing anggaran. Hal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kebijakan prioritas pembangunan, serta kebutuhan mendesak pelayanan kepada masyarakat.

Bodewin menambahkan, utang harus diakui pemerintah sebagai hutang, tidak bisa hanya sekedar diucapkan.

“Jika diakui oleh pemerintah sebagai utang  berarti seluruh prosesnya benar dan kita saja belum ada uang untuk bayar. Tapi kalau belum benar prosesnya belum bisa kita akui sebagai utang,” ujarnya.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Febrianto Budi Anggoro

BACA JUGA :  Sekda Buru Perintahkan OPD Input Data RKA

No More Posts Available.

No more pages to load.