Kemudi KM. Pangrango Rusak, Penumpang Lanjutan Tujuan Kisar Dialihkan ke KM. Sanus 41

by
Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff. Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 40 orang penumpang lanjutan tujuan Pelabuhan Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang ikut berlayar dengan KM. Pangrango akan dialihkan ke KM. Sabuk Nusantara 41, Selasa (2/8/2022) pagi hari ini.

Selain penumpang, 305 koli muatan juga akan diangkut KM. Sanus 41, kapal Tol Laut.

Pengalihan penumpang dan muatan barang ini dilakukan menyusul insiden kemudi sebelah kiri KM. Pangrango alami gangguan di lautan lepas saat tengah berlayar menuju Pelabuhan Moa, Senin (1/8/2022) usai bertolak dari Pelabuhan Tepa.

BACA JUGA : Kemudi Alami Gangguan Saat Berlayar Menuju Moa, KM. Pangrango Ditarik Tugboat, Penumpang Dievakuasi

Sesuai rute normalnya, KM. Pangrango setelah singgahi Moa, akan lanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Kisar. Namun karena adanya insiden tersebut, penumpang dan muatan dialihkan ke kapal Tol Laur Sanus 41 untuk diangkut menuju pelabuhan Kisar.

Saat ini puluhan penumpang lanjutan tersebut berada di Moa termasuk ratusan koli muatan.

BACA JUGA : KM. Pangrango Akan Ditarik ke Saumlaki Untuk Perbaikan

“Sisa (penumpang) yang ke Kisar diopor (dialihkan) ke (KM) Sabuk 41. Penumpang lanjutan ke Kisar 40 jiwa menunggu kapal Sabuk 41 tujuan Kisar besok (Selasa) pagi (hari ini),”jelas Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff saat dikonfirmasi terasmaluku.com Senin malam via seluler.

KM. Pangrango. Foto : Dok. Istimewa

Dijelaskannya, KM. Pangrango alami gangguan pada kemudi sebelah kiri saat tengah berlayar menuju Pelabuhan Moa, Senin. Kemudi sebelah bergeser posisi dari dudukanya akibat geteran ombak dan harus ditarik Tugboat sejauh 1,6 Mil dari lautan lepas menuju Moa.

Saat insiden ini terjadi, di atas kapal berbobot 2.620 Gross Tonnage (GT) ini terdapat 166 orang penumpang tujuan Pelabuhan Moa-Kisar dan ratusan Koli muatan dengan rincian 296 koli tujuan Pelabuhan Moa dan 305 Koli tujuan Pelabuhan Kisar.

BACA JUGA :  Alat Berat Kontraktor Keruk Batu Pantai Dender Untuk Proyek Jalan Banda Besar

“Penumpang yang turun di Moa itu sebagian sudah diturunkan lewat Tugboat,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.