Tunggakan di Atas 4 Bulan, BPJS Kesehatan Punya Program Rehab

oleh
(kanan) Kepala BPJS Kesehatan cabang Ambon, Rumondang Pakpahan saat memberikan pemaparan di sesi workshop tentang Program Rehab solusi bagi peserta BPJS yang menunggak iuran di atas 4 bulan, (11/8). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Peserta BPJS Kesehatan yang alami kesulitan pembayaran lantaran ada tunggakan kini ada solusinya. BPJS kesehatan meluncurkan program Rehab atau Rencana Pembayaran Bertahap bagi peserta.

Program ini menyasar peserta BPJS yang menunggak di atas 4 bulan. Dalam sesi media workshop BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon 2022, Kamis (11/8/2022) dijelaskan makin banyak masyarakat Maluku yang ikut program Rehab.

“Untuk kondisi ini kami keluarkan program Rehab. Titik poinya adalah peserta yang menunggak iuran lebih dari 4 bulan,” kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Ambon, Heppy Serta Rumondang Pakpahan dalam paparan di sesi workshop, Kamis (11/8/2022).

Dalam program Rehab, peserta akan diberikan kesempatan membayar tunggakan dengan maksimal jangka waktu angsuran 24 bulan atau 2 tahun. Menurutnya ada banyak alasan orang menunggak. Bisa Karena lupa membayar, PHK, masah keuangan, musibah dan lain lain.

Berdasarkan data BPJS KC Ambon, ada sebanyak 76.300 lebih peserta BPJS yang menunggak di Maluku. Dengan nilai tunggakan mencapai 71 miliar rupiah.

“Nilai tunggakan di Provinsi Maluku 71 miliar. Nah, dengan Rehab ini bisa memudahkan peserta untuk bayar, tidak berat,” lanjutnya.

Saat ini sudah ada 30 peserta di Ambon yang mengikuti program rehab. Dia berharap program dapat membantu masyarakat Kota Ambon juga Maluku. Serta menjadi pilihan solusi bagi mereka yang terkendala masaLah keuangan dalam pembayaran iuran BPJS.

Pihak BPJS juga saat ini tengah mendorong untuk pemberlakukan autodebet melalui rekening peserta. Tujuannya untuk meminimalkan kemungkinan peserta lupa. (PRISKA BIRAHY)

BACA JUGA :  Kapolda Pimpin Aksi Bersih Pantai Teluk Ambon

No More Posts Available.

No more pages to load.