Loncat ke Laut Kejar Longboat Hanyut, Nelayan Saparua Timur Belum Ditemukan

oleh
Foto : Humas Polresta Ambon

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Johny Sahetapy (47), nelayan asal Negeri Ouw, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah hilang di lautdan belum ditemukan usai loncat ke kejar perahu longboat yang hanyut.

BACA JUGA : Tim SAR Gabungan Dikerahkan Cari Nelayan Hilang di Laut Saparua

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo mengungkapkan, korban dilaporkan hilang di perairan Batu Ananas, selat antara Pulau Saparua dan Pulau Nusa Luat, usai loncat ke laut dari rumpon Jumat (12/8/2022) petang kejar perahu longboat yang terlepas tali pengikatnya.

Awalnya, Jumat petang sekira pukul 18.00 WIT, korban bersama rekannya, Stevy Hutubessy gunakan sebuah perahu longboat menuju rumpon di perairan tersebut untuk nyalakan lampu atau istilah nelayan lokal bakar lampu. Ada tiga rumpon yang jadi lokasi tujuan mereka.

Setelah nyalakan lampu di rumpon pertama, korban dan rekannya ini menuju rumpon kedua.

Tiba di rumpon kedua, korban dan rekannya naik ke rumpon tersebut. Namun tali pengikat terlepas dan longboat hanyut.

Loncat ke Laut Kejar Longboat Hanyut, Nelayan Saparua Timur Belum Ditemukan
Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo.

“Ketika temannya (Stevy) mau nyalakan genset, dia melihat ke belakang, perahu bodi anyor (longboat hanyut), terlepas (tali pengikatnya). Dia (Stevy) teriak temannya (korban) (beritahukan) bodi terlepas, temannya (korban) ini dengan spontan langsung lompat (loncat ke laut),”terangnya Sabtu (13/8/2022) dikonfirmasi terasmaluku.com via seluler.

Stevy kemudian nyalakan mesin genset dan setelahnya Stevy memanggil-manggil korban. Korban masih membalas panggilan tersebut. Namun beberapa berselang, ketika dipanggil-panggil lagi, sudah tak terdengar jawaban suara dari korban. “Setelah pasang lampu semua, dia (Stevy) berteriak (korban) lagi, ternyata sudah tidak ada suara, tidak ada sahutan,”sambungnya.

Stevy pun menunggu di rumpon hingga akhirnya sekitar pukul 22.00 WIT, ada nelayan lain yang yang hendak menuju rumpon juga melintas di perairan tersebut. Stevy pun memanggilnya dan tanyakan keberadaan korban.

BACA JUGA :  Istri Gubernur Menjawab Rumor Bertarung di Pilkada Kota Ambon

“Dia (Stevy) panggil, (tanyakan) apakah ada lihat korban ini kah tidak, ternyata tidak (melihat), lalu mereka berdua ini naik bodi (longboat) nelayan itu mencari (korban). Tapi setelah dicari-cari tidak ketemu,”bebernya.

Pasca mendapatkan informasi ini, warga Negeri Ouw pun lakukan pencarian terhadap korban bersama-sama.

Namun, hingga pukul 03.00 WIT Sabtu dini hari pencarian dilakukan, hanya perahu longboat korban yang ditemukan terdamapr di pesisir pantai hutan Negeri Ulath, sementara korban belum diketahui keberadaanya.

“Saat ini warga Negeri Ouw dibantu warga Negeri Ullath sementara melakukan pencarian korban dengan menggunakan sekitar 3 bodi (longboat),”tandasnya.

Pihak Polsek Saparua juga koordinasikan dengan Camat Saparua Timur untuk berkoordinasi dengan pihak Basarnas guna mencari korban.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.