Kasus Perlindungan Anak yang Terbanyak Dapat Remisi Umum di Maluku

oleh
Kasus tertinggi di Maluku yang mendapat remisi umum pada 17 Agustus 2022 yakni perlindungan anak, (17/8). Sumber: Hukumonline

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Kasus terbanyak yang mendapat remisi umum (RU) 2022 HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Maluku yakni perlindungan anak. Ada sebanyak 443 napi yang memperoleh pemotongan masa tahan di Lapas se-Maluku.

Berdasar data kasus perlindungan anak, 443 napi yang menerima remisi ini merupakan kumpulan kasus selama 3 tahun belakangan.

“Paling banyak di Maluku memang. Saudara-saudara di Saumlaki banyak yang kena kasus perlindungan anak,” jelas Kepala Lapas Kelas II A Ambon, Saiful Sahri usai upacara HUT RI Ke-77 di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (17/8/2022).

Di Maluku, katanya kasus terkait anak memang paling mendominasi. Rerata mereka ditahan atas aduan pelecehan anak di bawah umur, kasus pacaran tanpa kawin, maupun yang berkaitan dengan IT.

BACA JUGA : Cerita Gadis Tidore Maluku Utara Jadi Pemegang Baki Upacara Kemerdekaan RI Ke-77 di Ambon

Khusus untuk aduan pacaran dengan anak di bawah umur, biasanya terjadi di wilayah-wilayah dengan aturan adat tertentu. “Biasanya di daerah adat, pacaran lalu tidak bertanggungjawab nikah dan sebagainya,” lanjut Saiful.

Mereka yang menerima remisi umum pada 17 Agustus 2022 ini telah melewati seleksi administratif dan substantif yang ketat. Seperti berkelakuan baik dan mengikuti berbagai program pembinaan, serta menaati tata tertib yang ada selama masa penahanan.

Kasus tertinggi kedua yang mendapat RU yakni narkotika sebanyak 184 orang. Serta kasus tertinggi ketiga yakni pencurian 64 orang. Sisanya merupakan napi kasus pembunuhan 60 orang, penganiayaan 51 orang dan keasusilaan 27 orang.

Penulis : Priska Birahy

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

BACA JUGA :  Antusias Warga Maluku Sambut Tour de Molvccas, Kalahkan Eropa

No More Posts Available.

No more pages to load.