Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-77, Komunitas Selam di Banda Neira Gelar Upacara Bendera di Bawah Laut

oleh
Peringati HUT Proklamasi RI ke-77, Barracuda Diving Club (BDC) Universitas Banda, TWP Laut Banda dan PSDKP gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (17/8/2022).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Peringati HUT Proklamaasi RI ke-77, komunitas selam Barracuda Diving Club (BDC) Universitas Banda Neira gelar upacara bendera bawah laut di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (17/8/2022).

Pengibaran bendera merah putih ini juga melibatkan TWP Laut Banda dan PSDKP Satuan Pengawas (Satwas) Banda.

Ketua BDC, Aldi Kadir mengungkapkan, upacara bawah laut yang digelar BDC Cs ini dilangsungkan di lokasi TWP Laut Banda Zona Pemanfaatan Berkelanjutan pada kedalaman 7 meter saat air surut.

Di lokasi tempat upacara bawah laut ini digelar, juga terdapat miniatur Banda didasarnya.

“Dalam rangka peringati HUT Proklamasi RI ke-77, tadi (Rabu), BDC bersama TWP Laut Banda dan PSKDP gelar upacara bendera bawah laut di perairan depan Istana Mini Banda, lokasi miniatur Banda,”ungkap Aldi dihubungi via seluler dari Ambon Rabu.

Foto : Barracuda Diving Club

Sebanyak 16 orang penyelam baik dari BDC, TWP Laut Banda dan PSDKP ambil bagian dalam upacara bendera bawah laut ini. “Ada 16 orang yang ikuti upacara bawah laut tadi,”sambungnya.

Foto : Barracuda Diving Club

Melalui momentum Hari Kemerdekaan ke-77 ini, diharapkannya, generasi muda di Indonesia khususnya Banda Neira makin cinta NKRI.

Disamping itu juga, dia berharap momen Kemerdekaan ke-77 ini dapat mengdongkrak minat generasi muda Banda terhadap dunia selam selain juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian alam bawah laut.

Pembersihan media transplantasi karang. Foto : Barracuda Diving Club

Tak hanya upacara bawah laut, BDC juga lakukan pemeliharan terhadap media transplantasi terumbu karang di TWP Laut Banda, salah satu dari dua lokasi area transplantasi karang. Satu lokasi lagi berada di perairan Gunung Api.

BACA JUGA: Rayakan Hari Kemerdekan, WBP Lapas Saparua Terima Resimi Umum Kemerdekaan

“Selain upacara bawah laut, BDC juga bersihkan media transplantasi terumbu karang,”jelasnya lebih lanjut.

BACA JUGA :  Hari Kesaktian Pancasila, Anggota DPRD Maluku Ajak Generasi Muda Pegang Teguh Nilai Pancasila

Di lokasi setidak terdapat 70 media tranplantasi karang yang berisikan 5 hingga 6 jenis terumbu karang asli Banda yang direhabilitasi. “Karang yang ditransplantasi ini merupakan karang lokal, ada sekitar lima hingga enam jenis terumbu karang,”tandasnya.

Lewat kesempatan ini, Aldi juga menyampaikan terimakasih Naira Dive, Babalangon dan TNT yang memberikan support agar upacara bawah laut tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Foto : Barracuda Diving Club

Sementara satu tim lainnya juga lakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai kawasan Istana Mini Banda.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIĀ GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.