Terus Tebar Kebaikan, PMI dan Panin Bank Ambon Gelar Donor Darah Bekerjasama dengan Citraland dan Lions Club International

by
PMI dan Panin Bank Ambon bekerjasama dengan Citraland dan Lions Club International kembali menggelar aksi donor darah di Ambon Square Manise, Sabtu (24/9/2022). FOTO : HUSEN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Panin Bank kembali menggelar kegiatan kemanusiaan di Kota Ambon. Untuk kesekian kalinya, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ambon, Panin Bank melaksanakan aksi donor darah.

Donor darah yang dirangkai dengan peringatan HUT PMI ke 77 ini dipusatkan di Ambon Manise Square, Kota Ambon, Sabtu (24/9/2022). Kegiatan tersebut ikut didukung oleh Citraland, dan Lions Club International Ambon.

Ketua PMI Kota Ambon, N, Edwin, J. Pattikawa, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bisa hadir pada kegiatan donor darah untuk memperingati 77 tahun PMI. Tema HUT PMI tahun ini yaitu “Terus tebar kebaikan.”

“Ada 7 prinsip dasar di PMI. Kita ambil satu prinsip saja, yaitu kemanusiaan di atas segala-galanya,” kata dia.

Edwin mengaku, peringatan HUT PMI ke 77 dirangkai dengan aksi donor darah, karena kebutuhan darah di Kota Ambon belakangan ini sangat tinggi.

“Kebutuhan darah di Kota Ambon akhir-akhir ini sangat tinggi sampai saya bicara dengan teman-teman ini masyarakat di Ambon sakit apa sampai membutuhkan darah begini tinggi atau karena rumah sakit sudah begitu banyak di Ambon sehingga orang merujuk banyak pasien untuk berobat di sini, itu juga mungkin salah satu faktor,” katanya.

Edwin yang merupakan Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Ambon, mengaku PMI Cabang Ambon melayani hingga di Kabupaten Buru.

“Kita juga melayani sampai di Buru untuk kebutuhan darah. Untuk itu saya mau bilang tolong kita bantu lagi donor darah, dan hari ini ada dua kali yaitu di sini dan di Kantor PMI,” kata dia.

Edwin mengharapkan dukungan dan partisipasi dari masyarakat dalam penyediaan stok darah. Masyarakat diharapkan tidak bosan-bosannya membantu PMI.

“Karena banyak keluarga kita yang di luar sana yang sangat membutuhkan kebutuhan darah untuk keluarganya, untuk dianya sendiri di kota ini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak Panin Bank yang sudah memfasilitasi kegiatan ini,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Provinsi Maluku .Pdt.Dr.Jhon Chr.Ruhulessin, M.Si., mengaku bersyukur dilaksanakannya kegiatan donor darah oleh PMI Kota Ambon dan Panin Bank.

“Kemarin saya menghadiri rapat kerja nasional PMI di Jakarta dan saya mempersoalkan kepada Bapak Yusuf Kalla kenapa kita tidak difasilitasi di Maluku satu unit donor darah yang bisa melayani seluruh Maluku. Sebab sampai sekarang ini satu-satunya yang bisa kita punya adalah unit donor darah Kota Ambon,” ungkap Ruhulessin.

Ia mengaku kebutuhan darah di Kota Ambon sangat tinggi. Sehingga aksi donor darah yang dilakukan PMI Ambon dan Panin Bank ini sangat penting.

BACA JUGA :  Ramai-ramai Pejabat Pemkot Ambon Diperiksa KPK

“Saya menyampaikan terima kasih kepada PMI dan seluruh stakeholder yang mendukung acara ini. Kenapa ini penting karena kita menyadari bahwa kebutuhan darah di Maluku sangat tinggi bahkan sampai di Dobo,” sebutnya.

Di sisi lain, Ruhulessin mengaku Transfusi Darah Pusat dalam waktu dekat akan mengunjungi Kota Ambon. Mereka ingin melihat kondisi unit PMI di ibukota Provinsi Maluku ini.

“Unit transfusi darah pusat telah menjanjikan untuk datang ke sini untuk melihat secara real perkembangan yang terjadi apakah yang dimiliki oleh Kota Ambon ini mau kita kembangkan ataukah Kota Ambon sendiri atau kemudian kita mengembangkan sesuatu yang lain. Karena kalau ini tidak dilakukan kita akan mengalami krisis darah. Karena kita bicara bukan darah saja tapi apakah darah itu layak dipakai atau tidak,” kata dia.

Sementara itu, Penjabat Wali kota Ambon melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Elkyopas Silooy, S.H., M.H. mewakili Pj.Walikota Ambon, menyampaikan pemerintah kota mempunyai satu regulasi terkait dengan kepalangmerahan. Yaitu terkait dengan biaya ganti blood bag (kantong darah).

Regulasi tersebut, kata dia, telah ada sejak beberapa tahun lalu. Ini dilakukan agar pemungutan terhadap masyarakat itu bersifat legal.

“Di beberapa daerah di Indonesia hal ini pun juga ada dan bersyukur kita di Ambon kita juga telah memiliki landasan untuk kita bisa melakukan tindakan penggantian kantong darah itu,” ungkapnya.

Silooy mengaku kegiatan donor darah yang dihelat ini sangat besar dan penting untuk kepentingan masyarakat.

“Yang luar biasa ini dari Panin Bank, perlu ada penghargaan buat Panin Bank, karena bukan kali ini, Panin Bank berkali-kali memberikan dukungan di setiap acara donor darah kepada Palang Merah cabang Ambon, ada juga dari Lions Club, Citraland dari Hotel Santika ini luar biasa,” ucapnya.

Terpisah, Branch Manager Panin Bank KCU Ambon, Nursaman, menyampaikan, donor darah yang dilaksanakan merupakan kegiatan kerjasama dengan PMI Ambon untuk memperingati HUTnya yang ke-77 pada 17 September 2022 lalu.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin dari Panin Bank dan ini merupakan kegiatan yang ke-37 kali yang kita lakukan sejak tahun 2011 lalu,” ungkap Nursaman.

Ia mengaku, kegiatan donor darah ini melibatkan banyak pihak atau sponsor yang ikut bergabung. Sementara para pendonor berasal dari TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah yakni Satpol PP dan Petugas Damkar Ambon.

“Sesuai kata ketua PMI bahwa Kota Ambon sangat tinggi kebutuhan darah, sehingga kita harapkan aksi donor darah bukan saja kali ini dilakukan, tapi setiap kalau memang ada kebutuhan-kebutuhan darah mereka siap untuk mendonorkan darahnya,” harap Nursaman.

BACA JUGA :  Tiba di Palu, Presiden Langsung Pimpin Ratas

Nursaman mengaku kegiatan donor darah ini juga diharapkan bisa menjadi database terkait kebutuhan darah yang ada, terutama darah-darah langkah seperti darah AB, A dan B.

“Yang banyak itu darah O. Sehingga kalau ada kebutuhan kita sudah memiliki databasenya. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan semakin banyak data yang kita dapat,” sebutnya.

Target aksi donor darah kali ini yakni sebanyak 77 kantong sesuai usia PMI saat ini. Namun pihaknya berharap bisa mengumpulkan lebih daripada target tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Panin Bank dan juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kita melalui program CSR,” kata dia.

Nursaman mengaku, Panin Bank telah bekerjasama dengan PMI dalam melakukan kegiatan donor darah sejak tahun 2011 lalu. Kegiatan itu berawal dari rasa keprihatinan terhadap kebutuhan darah yang berkurang.

“Pada saat itu 2011 kita kerjasama dengan PMI. PMI mengeluh terkait tingkat ketersediaan darah dan tingkat yang membutuhkan darah. Habis donor habis, sehingga mulai dari situ kita mulai komitmen untuk melakukan kegiatan ini secara kontinyu setiap 3 bulan sekali dan alhamdulillah ini sudah ke-39 kali dan sempat terhenti pada pandemi kemarin,” jelasnya.

Selain donor darah, aksi sosial kemanusiaan yang digelar tersebut juga dirangkai dengan pameran. Pameran bekerjasama dengan Citraland.

“Kali ini kita tidak hanya donor darah tapi kita ada pameran bekerjasama dengan Citraland dengan promo-promo menarik baik dari Citraland maupun dari Panin Bank,” tutup Nursaman.

Senada dengan Nursaman, Sigrid Tomasila, GM Citraland, mengaku pihaknya kerap bekerjasama dengan Panin Bank dalam melaksanakan aksi-aksi sosial kemanusiaan.

“Memang Citraland selalu bekerjasama dengan Panin Bank untuk melakukan kegiatan-kegiatan. Untuk donor darah Panin Bank selalu mengajak kami untuk bekerjasama. Dan biasanya setelah kegiatan donor darah baru kita melaksanakan kegiatan pameran,” kata Sigrid.

Ia berharap dukungan yang diberikan pihaknya tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Ini juga merupakan bentuk kepedulian citraland untuk kemanusiaan. Kita harapkan bahwa semua yang kita lakukan ini bisa berguna bagi masyarakat,” harapnya.

Seperti halnya Sigrid, Presiden Lions Club International Ambon, Arnis Kapitan, juga mengaku kerap bekerjasama dengan Panin Bank dalam aksi-aksi kemanusiaan.

“Kita seringkali bekerja sama dengan Panin Bank. Tidak hanya donor darah tapi Lions Club juga lakukan pembagian sembako kepada panti jompo, kalau ada bencana alam kita juga turut memberikan bantuan,” ungkapnya.

Arnis berharap, kegiatan donor darah yang dilakukan pihaknya tersebut dapat membantu masyarakat Maluku, khususnya di kota Ambon.

Liputan : Husen 

Editor : Hamdi

No More Posts Available.

No more pages to load.