Urai Kemacetan, Ditlantas Polda Maluku Pasang Barikade Beton di Simpang Lima Ambon

by
Aparat Ditlantas Polda Maluku melakukan pemasangan barikade, pembatas jalan di kawasan simpang lima, depan Ambon Manise Square, Jalan Jenderal Sudirman Batu Merah Kota Ambon, Sabtu (1/10/2022). FOTO : TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Aparat Direktorat Polisi Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku melakukan pemasangan barikade pembatas jalan di kawasan simpang lima, depan Ambon Manise Square, Jalan Jenderal Sudirman Batu Merah Kota Ambon, Sabtu (1/10/2022).

Barikade pembatasan jalan yang dipasang sepanjang sekitar 50 meter itu berupa barikade air dan barikade beton. Pemasangan pembatasan jalan ini untuk mengurai kemecatan dan pertemuan kendaraan di kawasan simpang lima.

Kawasan simpang lima tersebut selama ini terjadi kemacetan panjang terutama pada pagi hari saat warga berangkat beraktivitas dan sore harinya saat warga pulang ke rumah. Belum lagi masuk keluar,  antrean kendaraan ke SPBU.

Jalur ini menjadi titik temu kendaraan dari lima arah yang berbeda di Ambon. Yakni, dari dalam kota menuju luar kota, dari luar kota menuju dalam kota, dari arah Kebun Cengkeh, dari SPBU dan dari Galunggung Desa Batu Merah menuju arah selanjutnya.

Kendaraan dari arah dalam kota kini setelah barikade dipasang, tidak bisa langsung menuju arah Kebun Cengkeh atau SPBU, tapi harus putar hingga barikade pembatasan berakhir.

Begitu juga sebaliknya dari arah Kebun Cengkeh tidak bisa langsung menuju arah luar kota, tapi harus jalan hingga barikade pembatas berakhir baru bisa putar.

Dirlantas Polda Maluku Kombes Pol Agus Krisdiyanto mengatakan, pihaknya melakukan pemasangan barikade untuk penataan arus lalu lintas di persimpangan lima. Lokasi yang menjadi titik pertemuan kendaraan dari lima arah yang berbeda.

“Karena itu tidak boleh terjadi pertemuan lima titik, harus satu titik. Sehingga kita membuat rekayasa jadi satu lajur saja untuk dua arah kendaraan berbeda,” kata Agus saat memimpin penataan arus lalu lintas di kawasan simpang lima itu.

BACA JUGA :  Kasus Gunung Botak, Lebih Berbahaya Dari Tragedi Minamata di Jepang

Agus yakin pemasangan pembatas jalan ini dapat mengurangi kemacetan dan pertemuan arus kendaraan di kawasan simpang lima.

Agus juga mengatakan, bila jalur lalu lintas di kawasan simpang lima tersebut sudah tertib dan bagus,  maka pihaknya akan memberikan rekomendasi ke Pemerintah Kota Ambon untuk pembangunan underpass dan fly over di kawasan tersebut.

Editor : Hamdi

No More Posts Available.

No more pages to load.