Disdikbud Bursel Berhentikan RH dari Jabatan Kepsek Akibat Perilaku Tak Bermoral Terhadap Anak Didik

oleh
Ilustrasi

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Buru Selatan memastikan telah mencopot RH dari jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) atas perbuatan tak bermoral yang dilakukannya terhadap anak didik.

Sebagaimana diketahui, RH, oknum Kepsek salah satu SD di Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel itu kini harus berhadapan dengan hukum akibat kelakuan bejatnya setubuhi anak didik di SD yang dipimpinnya itu.  yang masih duduk dibangku Kelas IV.

Apalagi perbuatan bejat yang dilakukan oknum Kepsek itu terhadap korban berinisial MN, siswi Kelas IV usia 13 tahun itu bukan hanya sekali, tapi berulang kali.

Oknum Kepsek itu sudah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus persetubuhan terhadap anak.

BACA JUGA : Dirayu Dengan Nilai Tinggi, Kepsek SD di Bursel Setubuhi Muridnya

“Terkait hal itu, Pemerintah Daerah (Kabupaten Buru Selatan) telah mengambil tindakan tegas memberhentikan dia dari (jabatan) Kepala Sekolah,”kata Ali menjawab terasmaluku.com dikonfirmasi dari Ambon, Selasa (11/10/2022).

Saat ini kasus yang menyeret RH itu ditangani aparat kepolisian di Bursel. Atas hal itu, Kadisdikbud Bursel mendukung penuh proses hukum.

“Kami Dinas Pendidikan juga selaku Pemerintah Daerah sangat menyayangkan sikap (perilaku) seorang oknum Kepala Sekolah yang tidak senonoh terhadap siswa dibawah umur. (Oknum) Kepala Sekolah itu disiplin dan etikanya tidak ada sehingga melakukan hal-hal seperti, perilaku tidak baik di (untuk) dunia pendidikan,”sesalnya.

Sementara menyinggung sesuai aturan ASN terhadap RH, Kadisdikbud Bursel mengaku jika RH divonis hukuman penjara 5 tahun atau lebih, sanksi paling berat yang bakal diterapkan terhadap RH adalah dipecat dari ASN.

Namun hal itu masih menunggu hasil putusan inkrah atau berkekuatan hukum tetap dari Pengadilan.

“Nanti kita lihat putusan (vonis) dari pengadilan, kalau memang (vonis hukumannya) 5 tahun memang harus diberhentikan (dari ASN),”sambungnya.

BACA JUGA :  RSCM Apresiasi Maluku Sebagai Mitra Terbaik, Ini Sejumlah Kerjasamanya

Untuk mencegah kejadian yang mencoreng nama baik dunia pendidikan itu terulang, kata Kadisdikbud Bursel menambahkan, Disdikbud Bursel akan melakukan sosialisasi tentang sekolah ramah anak baik bagi para kepsek maupun guru.

“Akan kita lakukan sosialisasi atau pemanggilan kepala-kepala sekolah di Buru Selatan untuk melakukan sosialisasi agar tidak ada lagi perudungan, pelecehan seksual, (demi ciptakan) sekolah ramah anak, ramah lingkungan dan fokus meminimalisir (agar) guru itu tidak melanggar aturan-aturan itu,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjis

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.