P3M Poltek Negeri Ambon Berikan Pelatihan Tata Kelola Arsip di Larike

oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pusat Pelatihan dan Pengkajian Masyarakat (P3M) Jurusan Adminsitrasi Niaga Polteknik Negeri Ambon berikan pelatihan tata kelola arsip di Negeri Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

Kegiatan pengabdian P3M bertajuk “Tata Kelola Arsip Pada Kantor Pemerintahan Negeri Larike Kabupaten Maluku Tengah” ini dilakukan oleh Tim Pelaksana diketuai Leonora Ferdinandus beranggotakan Victorio F. Nahuway, Simson Melmambessy, Sinta Nuriah dan Melisa Tuhumury dan diikuti oleh belasan peserta dari staf kantor Pemerintahan Negeri (PN) dan lembaga lainnya yang ada di Larike pada 3 September 2022 lalu.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor PN Larike ini dibuka Ketua P3M Politeknik Negeri Ambon Dr. Sammy Saptenno dan menghadirkan Dosen dan Tenaga Kependidikan Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ambon yang berkompeten dalam bidang kearsipan sebagai narasumbernya.

“Tujuan diadakan Kegiatan Pengabdian ini adalah menganalisis, mengindentifikasi tata kelola arsip pada kantor Pemerintahan Negeri Larike dan lembaga lainnya yang ada di Negeri Larike,”kata Ketua P3M Politeknik Negeri Ambon, Sammy Saptenno, Rabu (26/10/2022) melalui rilis yang diterima terasmaluku.com.

Selama kegiatan, dibagi dalam dua sesi, materi dan praktek. Dimana pada sesi materi diberikan penjelasan seputar landasan/aturan penyelenggaraan kearsipan yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2019 meliputi pengertian, tujuan, peranan dan fungsi arsip termasuk faktor-faktor kearsipan yang baik, sistem penyimpanan hingga pola klasifikasi arsip dilanjutkan dengan praktek.

“Pada sesi praktek ini dibimbing dan didampingi langsung oleh Tim Pengabdi yang kompeten pada bidang kearsipan yang terdiri dari Dosen, Laboran dan Mahasiswa,”sambungnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Larike ini mendapat sambutan yang baik dan antusias dari para peserta karena para peserta mendapat pengetahuan baru tentang kearsipan dan cara cara menyimpan arsip termasuk surat masuk keluar sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA :  Wapres Luncurkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen COVID-19

Dan melalui kegiatan pelatihan ini juga dilakukan sharing dengan para staff Pemerintah Negeri Larike tentang masalah pengelolaan arsip surat masuk dan surat keluar.

“Manfaat dari kegiatan ini bagi peserta yaitu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan/skill tentang tata kelola arsip bagi staff pada kantor Pemerintahan Negeri dan staff lembaga lainnya yang ada di Negeri Larike serta mengatasi permasalahan tentang tata kelola arsip pada kantor Pemerintahan Negeri Larike,”tandasnya.

Penulis : Ruzady Adjіѕ

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

No More Posts Available.

No more pages to load.