Pemkab SBT Minta Tambahan Kuota Haji 2023, Begini Tanggapan Kakanwil Kemenag Maluku

oleh
oleh
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin membuka bimbingan manasik haji sepanjang tahun di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) SBT, Selasa (1/11/2022). FOTO : SOFYAN

TERASMALUKU.COM,-BULA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) meminta Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, agar di tahun 2023 ada peningkatan kuota atau jatah calon jamaah haji (CJH) asal SBT.

Permintaan ini disampaikan resmi Asisten II Setda SBT, Idris Boufakar, saat membacakan sambutan Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas pada kegiatan bimbingan manasik haji sepanjang tahun di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) SBT, Selasa (1/11/2022).

Idris menjelaskan, SBT merupakan satu-satunya kabupaten dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di Provinsi Maluku. Untuk itu, lanjut Idris, harus ada penambahan kuota calon jamaah haji di tahun mendatang.

“SBT dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di Provinsi Maluku, agar menjadi perhatian khusus Pak Kakanwil, agar SBT mendapat penambahan kuota atau jatah calon jamaah haji untuk ibadah haji pada tahun-tahun kedepannya,” ujar Idris.

Permintaan tersebut juga disebabkan minat calon jamaah haji yang begitu besar di Bumi bertajuk Ita Wotu Nusa ini. “Ada permintaan khusus dari Pemkab SBT kepada Kepala kannwil, melihat minat calon jamaah haji yang begitu banyak dan antrian yang cukup lama,” ucapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, saat diwawancarai Terasmaluku.com mengatakan, soal kuota jamaah haji, tergantung pada jumlah penduduk muslim di suatu tempat.

Menurutnya, kalau jumlah penduduk muslim meningkat, maka kemungkinan jatahnya akan meningkat. “Saya sudah sampaikan, tergantung dari jumlah penduduk muslim yang ada berdasarkan data statistik terbaru,” kata Yamin.

Liputan : Sofyan

BACA JUGA :  Lateheru Berakhir, Walikota Tunjuk Rulien Purmiasa Plh Sekot Ambon

No More Posts Available.

No more pages to load.