Wisata Arung Jeram Kali Waetina Bursel Jadi Upaya Pemulihan Ekonomi Warga

by
Bupati Buru Selatan, Maluku, Safitri Malik Soulisa. ANTARA/Winda Herman

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wisata Arung Jeram di Kali Waetina, Desa Wisata Namrinat, Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menjadi upaya pemulihan ekonomi masyarakat di daerah itu.

Bupati Bursel Safitri Malik Soulisa mengungkapkan, pasca-COVID-19, pariwisata jadi satu-satunya yang bisa menggerakkan ekonomi rakyat di daerahnya. Bupati menerangkan pihaknya mencoba menggali potensi wisata daerah secara natural.

“Kita menjualnya lebih natural mengikuti situasi dan kondisi di kabupaten dan arung jeram kita itu, dia menjual pemandangan, menjual wisata alamnya,” kata Safitri, Minggu (6/11/2022).

Wisata arung jeram di Kali Waetina tidak terlalu banyak arusnya. Karena itu Bupati memastikan, wisata arung jeram tersebut aman.

“Saya sudah dua kali mencoba dan sangat indah, karena seakan-akan kita berada pada situasi dan kondisi alam yang mungkin sudah jarang ada di tempat lain. Ada suara kicau burung, suara alam, dan hutannya yang masih asri,” katanya.

Bupati Safitri mengatakan selain melakukan aksi arung jeram, para wisatawan juga bisa menikmati alam yang tenang.

Ia melanjutkan untuk sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pengelolaan arung jeram tersebut, Pemda Bursel bekerja sama dengan Universitas Terbuka (UT).

“Kita bekerja sama dengan UT, pelatih-pelatih untuk arung jeram ada, dari UT, pemda juga, dari komunitas juga. Awalnya, sifatnya itu otodidak sebenarnya. Kemudian, ada salah seorang dari UT, beliau yang sering observasi. Terus coba untuk komunikasi, saya pikir kenapa tidak,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan dibukanya Desa Wisata Namrinat, Pemda Bursel mendapat bantuan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) sekitar Rp.500 juta untuk dukungan infrastruktur.

“Insya Allah, ke depan, (pengembangannya) semua bertahap, perencanaan dan pengerjaan. Nanti, ada kejutan,” ucap Safitri.

Oleh : Winda Herman/Antara
Editor : Kelik Dewanto

BACA JUGA :  Bupati Buru Buka Ujian Nasional SMP Dan Serahkan Lima Unit Komputer

No More Posts Available.

No more pages to load.